Cara Bermain Sepak Bola Mini yang Benar

Cara-bermain-sepak-bola-mini

Di Indonesia mungkin olahraga sepak bola mini masih terdengar asing, karena rata-rata masyarakat Indonesia lebih terbiasa dengan sepak bola dan futsal. Sebenarnya sepak bola mini tidak jauh berbeda dengan sepak bola biasa, semua teknik yang dipakai sama saja dengan sepak bola biasa, namun beberapa peraturannya saja yang berbeda. Nah, di artikel kali ini kita akan bahas cara bermain sepak bola mini.

Cara Bermain Sepak Bola Mini

Sebelum kita membahas cara bermain sepak bola mini yang baik dan benar, kamu harus tahu beberapa perbedaan antara sepak bola mini dan sepak bola umum. Olahraga sepak bola mini atau minifootball baru ada di abad 21 ini, organisasi internasional yang mengelola sepak bola mini baru didirikan pada tahun 2008 yang bernama World Minifootball Federation (WMF). Berikut perbedaan sepak bola mini dengan sepak bola umum.

  • Lapangan berada di dalam ruangan dengan ukuran 60 x 40 meter
  • Sepak bola mini memiliki gawang dengan lebar 5 meter dan tinggi 2 meter
  • Dalam satu tim terdiri dari 5 – 8 pemain ditambah 3 pemain cadangan
  • Jarak penalti dari gawang adalah 9 meter
  • Lama pertandingan terdiri dari 2 babak, masing-masing berdurasi 25 menit
  • Bola yang digunakan berukuran 68 – 70 cm dan berat 410 – 450 gram
  • Tekanan bola yang digunakan sekitar 0,6 – 1 atm

Setelah tahu aturan bermain sepak bola mini, kamu juga harus tahu cara bermain sepak bola mini, berikut penjelasannya.

Cara-bermain-sepak-bola-mini
Cara-bermain-sepak-bola-mini
  1. Passing

Untuk memenangkan pertandingan sepak bola mini, pemain harus mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya. Agar bisa mencetak gol pastinya harus memainkan bola sampai ke daerah lawan, salah satu caranya adalah dengan melakukan passing.

Passing bertujuan untuk mengoper bola yang bisa dilakukan dengan 3 cara sesuai dengan tujuannya, pastinya setiap cara memiliki tujuan yang berbeda.

  • Passing dengan kaki bagian luar, teknik passing ini cocok digunakan untuk memberikan umpan terobosan atau umpan silang yang bisa membuat pemain lawan bingung dan terkecoh.
  • Passing dengan kaki bagian dalam, teknik passing ini cocok untuk mengoper bola kepada teman yang berada di dekat kamu.
  • Passing dengan punggung kaki, dengan mengoper menggunakan punggung kaki kamu bisa memberikan umpan lambung kepada teman.
  1. Shooting

Teknik yang digunakan untuk mencetak gol dalam pertandingan sepak bola mini disebut shooting. Teknik shooting bisa menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki. Jika kamu ingin menendang bola dengan kencang disarankan untuk menggunakan punggung kaki, karena mempunyai tenaga yang lebih kuat dibandingkan kaki bagian lain. Shooting menggunakan kaki bagian dalam dan luar cocok untuk menendang bola dengan jarak yang dekat.

  1. Heading

Selain menggunakan kaki, kamu juga bisa menggunakan kepala untuk mencetak gol, teknik ini disebut dengan heading. Cara melakukan heading yang baik dan benar lebih susah, karena kamu harus mengetahui jarak antara bola dan kepala kamu serta harus mempunyai akurasi yang cukup bagus, sehingga bisa menciptakan gol ke gawang lawan.

Kamu bisa menggunakan 2 bagian kepala untuk melakukan heading. Bagian kepala depan untuk mencetak gol, dan kepala bagian atas untuk melakukan blocking disaat lawan menyerang dengan umpan lambung.

Itu dia cara bermain sepak bola mini secara singkat, olahraga sepak bola mini diciptakan untuk dimainkan oleh anak-anak. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Di sana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.