Cara Transaksi Kripto di Indonesia

Cara Transaksi Kripto di Indonesia

Bagaimana Cara Transaksi Kripto di Indonesia? – Aset kripto merupakan suatu komoditi berbentuk digital yang menggunakan jaringan informasi teknologi, kriptografi, dan ledger terdistribusi yang berguna untuk mengatur pembuatan unit baru, mengamankan dan memverifikasi transaksi.

Dalam Peraturan Bappebti 8/2021 telah diatur mengenai ketentuan perdagangan aset kripto yang ada di Indonesia. Perdagangan aset kripto kini dapat dijumpai di bursa berjangka.

Ada beberapa istilah yang digunakan dalam perdagangan aset kripto seperti wallet, koin, dan token. berikut ini penjelasan istilah-istilah tersebut.

  1. Wallet adalah media penyimpanan aset kripto berupa koin/token.
  2. Koin adalah salah satu bentuk aset kripto seperti , ethereum, bitcoin dll.
  3. Token adalah produk turunan dari koin.

Aset Kripto yang Sah

Aset kripto akan sah untuk diperdagangkan di Indonesia jika aset tersebut sudah memenuhi kriteria minimal berikut:

  1. Memiliki basis distributed ledger technology;
  2. Berupa aset kripto beragun aset/aset kripto utilitas; dan
  3. Memiliki hasil penilaian menggunakan metode AHP sesuai ketetapan Bappebti.

Syarat Menjadi Pelanggan Aset Kripto

Untuk menjadi pelanggan aset kripto tentu harus memenuhi beberapa persyaratan. Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai pelanggan aset kripto.

  1. Calon pelanggan minimal berusia 17 tahun;
  2. Calon pelanggan aset kripto harus sudah memiliki KTP untuk warga negara Indonesia dan KITAS bagi warga negara asing; dan
  3. Pelanggan asep kripto harus menggunakan  aset kripto milik sendiri bukan milik orang lain, atau hasil dari tindak pidana, pendanaan terorisme, pencucian uang, dan bukan dana dari senjata pemusnah massal.

Cara Transaksi Kripto di Indonesia

Cara Transaksi Kripto di Indonesia
Cara Transaksi Kripto di Indonesia

Pada kesempatan ini admin Misteruddin akan berbagi informasi “Cara Transaksi Kripto di Indonesia”. Bertransaksi dengan aset kripto di Indonesia dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka Rekening

Langkah pertama yang dapat dilakukan saat akan bertransaksi aset kripto yaitu membuka rekening, pembukaan rekening aset kripto harus memenuhi beberapa syarat berikut:

1. Bagi calon pedagang fisik aset kripto/pedagang fisik aset kripto yang sedang dalam proses menerima calon pelanggan harus memiliki sistem penerimaan pelanggan secara elektronik online, dengan melakukan tahapan-tahan berikut:

    1. Mengisi identitas calon customer;
    2. Memiliki dokumen profil perusahaan memuat informasi alamat website perusahaan, alamat perusahaan, nomor izin Bappebti, susunan manajemen perusahaan, nomor telepon, email perusahaan, dan nomor rekening terpisah disetujui oleh Kepala Bappebti;
    3. Memiliki daftar aset kripto;
    4. Memberi informasi risiko kepada pelanggan;
    5. Memiliki informasi mengenai aturan perdagangan yang dipahami, dan disetujui calon pelanggan; dan
    6. Dokumen perjanjian dan informasi mengenai profil pelanggan aset kripto, nomor pengaduan, dan informasi mengenai S & K yang berlaku.

2. Menyampaikan informasi mengenai aktivasi akun pelanggan.

3. Memastikan akun pelanggan hanya bisa dipergunakan bagi yang lulus proses identifikasi dan verifikasi.

2. Penempatan Dana dan Aset Kripto

Dalam penempatan dana aset kripto hanya bisa dilakukan jika sudah berhasil aktivasi akun dan selesai membuka rekening. Hal ini sangat penting, karena pelanggan perdagangan aset kripto akan bisa melakukan pedagangan jika sudah menempatkan dana aset kripto.

3. Transaksi Aset Kripto

Transaksi aset kripto dapat dilakukan jika dana yang dimiliki pada wallet mencukupi minimal transaksi. Transaksi yang dilakukan pelanggan difasilitasi oleh pedagang fisik aset kripto ini nanti akan diverifikasi oleh Lembaga Kliring Berjangka yang bertujuan untuk kepentingan penyelesaian transaksi, penjaminan, dan untuk melakukan fungsi pengiriman pembayaran dengan memastikan kesesuaian dana, melakukan pencatatan adanya perpindahan dana, meminta kepada pedagang fisik untuk mengubah saldo, melakukan debet dan kredit rekening untuk kepentingan penyelesaian transaksi dan penjaminan.

Kegiatan transaksi aset kripto yang aman dapat dilakukan melalui Indodax. Indodax melayani pembelian aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau jual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan, selain itu biaya Trading dan Persentase Penarikan mulai dari 0% dan yang menarik adalah pelanggan dapat melakukan transaksi 24 Jam.

Nah, buat kamu yang baru tahu tentang aset kripto, kamu bisa menambah pengetahuanmu mengenai aset kripto melalui kanal edukasi Indodax yang bernama Indodax Academy, kamu bisa belajar banyak tentang aset kripto di sana.

Setelah kamu paham Cara Transaksi Kripto di Indonesia dan merasa sudah siap dan mampu melakukan pembelian dan penjualan, kamu bisa memulainya di Indodax, Indodax memberi kemudahan pada pelanggan saat melakukan traksaksi dengan memberikan akses melalui website resmi dan mobile Apps.

Itu tadi Informasi mengenai “Cara Transaksi Kripto di Indonesia”. Jangan lupa baca artikel-artikel menarik lainnya di Google News MDM Network.

Baca Juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.