Haid Tidak Teratur Bisa Hamil?

haid tidak teratur bisa hamil

Haid Tidak Teratur Bisa Hamil? – Siklus menstruasi dapat membantu kamu saat menentukan masa subur, sehingga kamu dapat merencanakan kehamilan menjadi lebih mudah. Lantas, apakah ini artinya jika wanita yang haid tidak teratur tidak akan bisa hamil? Simak yuk ulasan berikut ini untuk mengetahui apa jawabannya.

Apakah orang yang haid tidak teratur bisa hamil?

haid tidak teratur bisa hamil
haid tidak teratur bisa hamil

Siklus menstruasi yang teratur memang dapat membantu seseorang dalam menghitung masa subur untuk merencanakan kehamilan. Walaupun begitu, bukan berarti seseorang yang mengalami haid tidak teratur tidak bisa hamil.

Wanita yang memiliki siklus haid tidak teratur tetap bisa hamil, walalupun mungkin saja lebih sulit untuk menentukan kapan masa suburnya dibandingkan dengan mereka yang menstruasinya teratur.

Jadi, kemungkinan dapat hamil bagi wanita yang melakukan hubungan seksual tanpa alat kontrasepsi masih tetap ada, termasuk bagi kamu yang memiliki siklus haid tidak teratur.

Seorang wanita dikatakan mengalami haid tidak teratur jika datang bulan berada di luar siklus normal. Normalnya, siklus menstruasi berada di 21-35 hari dengan masa ovulasi 7-14 hari.

The Office of Women’s Health menyatakan bahwa siklus menstruasi dikatakan tidak teratur jika terjadi lebih pendek dari 21 hari atau lebih lama dari 35 hari.

Haid dan kehamilan saling berhubungan dengan proses ovulasi. Ovulasi adalah pelepasan sel telur yang sudah matang dari ovarium menuju rahim. Pada waktu inilah kemungkinan hamil seorang wanita paling tinggi. Itu sebabnya, masa ovulasi disebut sebagai masa subur.

Kehamilan akan terjadi ketika sel telur bertemu dengan sel sperma dan mengalami pembuahan. Jika tidak bertemu sel sperma, sel telur akan luruh bersama dinding rahim. Inilah yang disebut dengan periode menstruasi.

Seseorang yang haid tidak teratur sebenarnya tetap mengalami ovulasi, hanya saja jadwalnya tidak teratur dan tidak bisa diprediksi. Itu sebabnya, wanita yang haidnya tidak teratur tetap dapat hamil, meski mungkin lebih sulit saat merencanakan kehamilan atau kontrasepsi dengan metode kalender.

Penyebab haid tidak teratur

Haid tidak teratur dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon atau kondisi kesehatan lainnya. Beberapa kasus mengenai haid tidak teratur ini bahkan tanpa diketahui penyebabnya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab haid tidak teratur, berikut ini beberapa kemungkinan penyebab haid tidak teratur yang perlu kamu diskusikan lebih lanjut dengan dokter:

  • Ovulasi terjadi tanpa mengeluarkan darah haid.
  • Perdarahan terjadi tanpa ovulasi.
  • PCOS. (Polycystic ovary syndrome)
  • Perimenopause.
  • Gangguan tiroid.
  • Kelebihan atau kekurangan berat badan.
  • Stres.

Cara merencanakan kehamilan jika haid tidak teratur

Ketidakpastian waktu ovulasi pada wanita yang haid tidak teratur membuat mereka tidak tahu pasti kapan waktu subur atau kapan seharusnya mereka datang bulan. Haid yang tidak teratur juga membuat mereka sulit mengetahui apakah mereka hamil atau tidak.

Selama kamu masih mengalami ovulasi dan melakukan hubungan tanpa alat pengaman atau kontrasepsi, kemungkinan hamil tetap ada.

Berikut beberapa cara yang perlu kamu diskusikan dengan dokter terkait untuk merencanakan kehamilan pada orang yang mens tidak teratur:

  1. Hubungan teratur
  2. Memperhatikan tanda-tanda ovulasi
  3. Ketahui penyebab haid tidak teratur
  4. Konsumsi obat-obatan perangsang Ovulasi
  5. Menjaga berat badan ideal

Itu tadi informasi mengenai “Haid Tidak Teratur Bisa Hamil“. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Di sana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Source: SehatQ

Baca Juga:

Leave A Reply

Your email address will not be published.