Keutamaan Wakaf yang Perlu Kamu Ketahui

Keutamaan Wakaf yang Perlu Kamu Ketahui

Apa Keutamaan Wakaf? – Wakaf adalah menahan asal harta (tanah) dan menyedekahkan manfaat yang dihasilkan untuk memberikan faedah harta yang diwakafkan kepada orang yang berhak dan dipergunakan sesuai dengan ajaran syariah Islam.

Rukun Wakaf

Wakaf memiliki beberapa rukun yang harus dipenuhi dalam berwakaf.Rukun wakaf tepatnya ada 4, yaitu:

  1. Pertama, ada al-waqif atau orang yang berwakaf.
  2. Kedua, ada al-mauquf atau benda untuk diwakafkan.
  3. Ketiga, ada al-mauquf ‘alaihi atau penerima manfaat wakaf.
  4. Keempat, ada sighah atau ikrar wakaf.

Syarat-Syarat Wakaf

Beberapa syarat-syarat wakaf juga harus dipenuhi agar wakaf sah sesuai ajaran agama Islam, diantaranya adalah:

  1. Al-waqif,  Syarat dari Al-waqif ada empat yaitu harta sepenuhnya dimiliki oleh orang yang berwakaf. Al waqif memiliki akal yang sehat, bukan orang gila, orang suka mabuk dan tidak bodoh. Al waqif harus baligh. Dan harus orang yang memiliki kemampuan bertindak secara hukum (rasyid).
  2. Al-mauquf, Syarat hartaal-mauquf adalah tidak sah dipindah kepemilikkan, kecuali jika memenuhi beberapa syarat seperti berharga,  diketahui kadarnya, dimiliki oleh waqif, berdiri sendiri, dan tidak melekat kepada harta lain (mufarrazan).
  3. Al-mauquf alaih, Syarat-syarat al-mauquf alaih ada dua macam, yaitu mu’ayyan dan ghaira mu’ayyan. mu’ayyan ialah, jelas orang yang menerima wakaf itu, apakah seorang, dua orang atau satu kumpulan yang semuanya tertentu dan tidak boleh dirubah. Sedangkan yang tidak tentu maksudnya tempat berwakaf itu tidak ditentukan secara terperinci, umpamanya seseorang sesorang untuk tempat ibadah, orang fakir, miskin, dll.
  4. Shigah, Syarat-syarat Shigah yaitu ucapan itu harus mengandung kata-kata yang menunjukkan kekalnya (ta’bid), wakaf tidak sah jika ucapan dengan batas waktu tertentu, ucapan dapat direalisasikan segera (tanjiz), ucapan yang bersifat pasti, ucapan tidak diikuti syarat yang dapat membatalkan.

5 Keutamaan Wakaf yang Perlu Kamu Ketahui

Keutamaan Wakaf yang Perlu Kamu Ketahui
Keutamaan Wakaf yang Perlu Kamu Ketahui

Mengapa harta yang berlebih perlu untuk diwakafkan? Berikut ini beberapa Keutamaan Wakaf  yang perlu kamu ketahui:

1. Membangkitkan jiwa sosial.

Dengan berwakaf, seseorang dapat melatih jiwa sosial sehingga bagi orang yang memiliki harta benda berlebih dapat memberi wakaf kepada kaum yang kurang mampu.

2. Membantu orang lain yang kesulitan.

Wakaf bisa juga ditujukan untuk membantu orang yang kesulitan, dengan memberikan harga yang  memenuhi syarat wakaf kepada orang yang sedang mengalami kesulitan.

3. Membuat sadar orang yang berwakaf

Melalui wakaf, seseorang akan lebih  menyadari betapa pentingnya harta untuk disedekahkan karena pada dasarnya semua harta ini tidak akan kekal. Berbagi kepada orang yang tepat (Al-mauquf alaih) akan lebih bermaanfaat kelak.

4. Menjadi bekal di Akherat

Dengan Wakaf, seseorang sama halnya sedang mengumpulkan bekal untuk kehidupan di akherat kelak.

5. Amalan yang tidak terputus

Orang yang melakukan wakaf akan mendapatkan pahala dari amalan wakaf yang tidak terputus walaupun orang tersebut sudah meninggal dunia. Wakaf bisa menjadi salah satu sarana amalan yang dapat menyelamatkan kehidupan manusia di dunia dan di akherat.

Itu tadi beberapa Keutamaan Wakaf yang Perlu Kamu Ketahui, apabila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan bagikan ke media sosial kamu dan Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Di sana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.