3+ Hal Harus Kamu Tahu sebelum Kuliah Luar Negeri

Kuliah Luar Negeri

Menuntut ilmu merupakan bagian penting dalam hidup. Tak heran banyak orang yang melanjutkan belajar hingga Kuliah Luar Negeri. Meskipun sebenarnya di dalam Negeri juga banyak kampus yang bagus. Hal ini mungkin berdasarkan pertimbangan jurusan dan pengalaman berbeda dengan kuliah di dalam Negeri.

Buat kamu yang akan ambil kuliah luar Negeri, simak beberapa hal berikut ini sebagai wawasan sebelum berangkat ke luar Negeri.

3+ Hal Harus Kamu Tahu sebelum Kuliah Luar Negeri

Kuliah Luar Negeri
Kuliah Luar Negeri

1. Ketahui Tentang Kurikulum Internasional

Kurikulum yang dipakai di luar negeri jauh berbeda dengan Indonesia, di luar negeri menggunakan kurikulum standar Internasional. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan diri terlebih dahulu minimal ambil 1 tahun program Foundation.

Foundation merupakan program yang bertujuan untuk mempersiapkan pelajar untuk menyesuaikan diri dengan kurikulum universitas di luar negeri.

Selain memilih program foundation, kamu juga mempersiapkan diri sejak dini dengan mengambil kelas di Menlo Park School. Menlo Park School adalah sekolah SMP dan SMA formal bertaraf internasional dengan fokus utama menyiapkan para peserta didik untuk dapat diterima di perguruan tinggi terbaik dunia.

Menlo Park School dioperasikan oleh startup company Schoters yang telah memiliki track record meloloskan ratusan student ke kampus top dunia di 38 negara

2. Persiapan Bahasa Inggris

Bahasa Internasional wajib untuk dikuasai, biasanya standar penguasaan Bahasa Internasional yaitu skor TOEFL yang di dapat. Penguasaan bahasa tersebut meliputi membaca (reading), menulis (writing), berbicara (speaking), hingga mendengarkan (listening).

3. Waktu Pendaftaran Kuliah di Luar Negeri

Waktu pendaftaran kuliah luar negeri berbeda dengan kuliah di Indonesia.  Kamu sebaiknya mengumpulkan informasi mengenai waktu pendaftaran kuliah luar negeri lebih awal karena umumnya 6 bulan sebelum ajaran baru harus sudah mendaftar.

4. Mengenal Kurikulum IGCSE

Kurikulum IGCSE atau IGCSE yang memiliki kepanjangan International General Certificate of Secondary Education dikembangkan oleh CIE (Cambridge International Examination). Kurikulum IGCSE disusun untuk siswa-siswa setaraf SMP dan SMA.
Sistem pembelajaran Kurikulum IGCSE dibuat untuk merangsang rasa ingin tahu siswa, dan memberi pengetahuan-pengetahuan kepada siswa tentang hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
Kurikulum Cambridge IGCSE menawarkan banyak jalur bagi siswa dengan bermacam-macam kemampuan, termasuk bagi siswa yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.

Cambridge IGCSE menawarkan kurikulum yang fleksibel dan stimulus kepada sekolah dan didukung dengan sumber daya serta pelatihan unggul.

Sedangkan untuk siswa, Kurikulum Cambridge IGCSE berguna dalam membantu meningkatkan performa siswa dengan lebih optimal dalam mengembangkan keterampilan dengan pertanyaan, pikiran, dan pemecahan masalah secara kreatif.

Cambridge IGCSE menyediakan 70 mata pelajaran, termasuk tiga puluh bahasa. Kurikulum IGCSE dapat dikombinasikan oleh sekolah dengan berbagai metode. Cambridge IGCSE mengembangkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan siswa dalam beberapa hal berikut:

  • Materi Mapel
  • Penerapan pengetahuan & pemahaman pada situasi baru dan asing
  • Pertanyaan intelektual
  • Fleksibilitas & tingkat respons pada perubahan
  • Bekerja & berkomunikasi dengan bahasa Inggris
  • Hasil berpengaruh
  • Kesadaran terhadap budaya.

Sekolah di seluruh dunia telah terlibat dalam pengembangan Kurikulum Cambridge IGCSE. Silabus yang relevan secara lokal dan wawasan internasional. Silabus Kurikulum IGCSE dibuat untuk institusi siswa internasional dan juga untuk menghindari bias budaya.

Itu tadi 3+ Hal Harus Kamu Tahu sebelum Kuliah Luar Negeri. Jika dirasa artikel ini bermanfaat, silahkan artikel ini dishare ke media sosial yang kamu punya.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.