Apa itu Rapid, Swab, dan PCR Test

Daftar Isi

Saat ini dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, seiring dengan itu bermunculan istilah baru dalam dunia kesehatan. Sehingga banyak pertanyaan dari masyarakat mengenai arti dari istilah-istilah baru tentang apa itu rapid, swab, dan PCR Test.

Dalam artikel ini admin misteruddin akan memberikan informasi yang berhubungan dengan pandemi covid-19.

Istilah yang sering menjadi pertanyaan saat ini adalah mengenai pengertian rapid test, swab test dan PCR test. Memang penting sekali mengetahui maksud dari istilah tersebut untuk membekali diri di masa pandemi ini.

Pengertian Rapid Test, Swab Test, dan PCR Test

Pengertian Rapid Test, Swab Test, dan PCR Test

Sebagai orang awam dalam dunia kesehatan, tentu saja akan banyak pertanyaan yang muncul di masa pandemi covid-19, berbeda dengan tenaga medis mereka mungkin sudah tahu apa itu rapid test, swab test, dan PCR test.

Secara umum rapid test, swab test, dan PCR test adalah istilah-istilah yang digunakan dalam metode pemeriksaan medis untuk mengetahui adanya Covid-19 dalam tubuh seseorang.

Mari kita fahami istilah rapid test, swab test dan pcr test pelan-pelan sambil menyeruput kopi di pagi hari.

Apa itu Rapid test?

Rapid test adalah metode pemeriksaan covid-19 untuk mendapatkan hasil test secara cepat mengenai ada tidaknya virus corona pada tubuh seseorang.

Pada metode rapid test menggunakan catridge dalam melihat adanya antibodi dalam tubuh ketika terinfeksi virus. Rapid test dilakukan untuk menyaring pasien dalam pengawasan dan orang dalam pemantauan.

Pada PDP dan ODP yang menjalani rapid test akan dimintai sampel darah yang diambil dari kapiler jari atau dari vena.

Akurasi rapid test dalam diagnosis covid-19 dapat mencapai 90 persen meskipun proses dalam mengetahui hasil tes sangat cepat yaitu kurang lebih 30 – 60 menit.

Swab Test – PCR Test

Berbeda dengan rapid test yang dapat dilakukan secara terpisah, Swab test dan PCR test merupakan metode pemeriksaan untuk mendiagnosis covid-19 yang harus dilakukan berdampingan.

Apa itu Swab Test?

Swab adalah suatu cara yang dilakukan tim kesehatan untuk memperoleh bahan pemeriksaan. Swab test dilakukan pada nasofaring dan atau orofarings menggunakan alat seperti  kapas lidi khusus dengan cara diusapkan.

Apa itu PCR Test?

Sedangkan PCR test (polymerase chain reaction) adalah metode pemeriksaan virus dengan mendeteksi DNA virus. Metode PCR direkomendasikan WHO untuk mendeteksi Covid-19.

Nah, itu tadi penjelasan secara general mengenai rapid test, swap test dan PCR test. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk mendapatkan saran atau sekedar mengetahui lebih banyak mengenai rapid test, swab test dan PCR test anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter secara online di aplikasi halodoc.

Di halodoc anda bisa buat janji sebelum pemeriksaan, semisal pemeriksaan PCR. Anda dapat pesan dari aplikasi halodoc dengan mudah dan cepat. Mengenai hasil Tes akan diterima 3 Hari Kerja setelah waktu tes.

80%
Awesome
  • Design
Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.