Permainan Sepak Bola: Pengertian, Sejarah, Peraturan, dan Teknik Lengkap

Permainan Sepak Bola: Pengertian, Sejarah, Peraturan, dan Teknik Lengkap

Masyarakat Indonesia gemar sekali dalam bermain sepak bola, karena sepak bola mempunyai keseruan dan daya tarik sendiri dalam setiap pertandingannya, setiap pertandingan pastinya mempunyai penonton yang sangat antusias melihatnya, terutama permainan yang dilakukan oleh tim-tim besar, baik di Indonesia maupun internasional.

Pada artikel ini kami akan membahas permainan sepak bola secara lengkap, dari mulai pengertian, sejarah, peraturan, dan teknik bermain sepak bola.

Pengertian Sepak Bola

Permainan Sepak Bola: Pengertian, Sejarah, Peraturan, dan Teknik Lengkap
Permainan Sepak Bola: Pengertian, Sejarah, Peraturan, dan Teknik Lengkap

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang menggunakan bola yang dimainkan menggunakan kaki dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan kemenangan.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola pertama kali ditemukan di China sekitar abad 2 – 3 sebelum masehi dengan nama cuju. Di Jepang permainan sepak bola bernama kemari yang ditujukan sebagai bentuk upacara.

Sepak bola modern hadir di Eropa, tepatnya pada abad ke 12 di Inggris. Pada saat itu permainan sepak bola dimainkan di lapangan rumput dan jalanan. Di abad ke 15 sudah banyak klub bola yang berdiri, namun belum terorganisir dengan baik, karena belum ada organisasi internasional yang menaungi sepak bola. Sejak saat itu permainan sepak bola modern meluas ke belahan dunia lainnya.

Pada tanggal 21 Mei 1904 didirikan sebuah organisasi yang mengatur semua permainan sepak bola di dunia yang diberi nama Federation International Football Association (FIFA). Organisasi FIFA ditandatangani oleh Belanda, Belgia, Denmark, Prancis, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Sebuah permainan pastinya mempunyai peraturan yang harus dilakukan oleh setiap pemain yang bermain. Di sepak bola sendiri ada beberapa peraturan yang harus dilakukan, berikut penjelasannya.

  • Dalam satu tim terdiri dari 11 pemain utama, dan 5 pemain cadangan.
  • Pada satu pertandingan setiap tim boleh melakukan pergantian pemain sebanyak 3 sampai 7 kali.
  • Terdapat 1 wasit utama yang mengatur pertandingan, dan 3 asisten wasit yang berperan sebagai hakim garis dan wasit administratif.
  • Lama bermain selama 90 menit yang dibagi dalam 2 babak.
  • Ukuran lapangan harus standar dengan ketentuan FIFA
  • Bola yang digunakan harus mengikuti ketentuan FIFA
  • Dan masih banyak lainnya

Teknik Bermain Sepak Bola

Ada 4 teknik bermain sepak bola yang paling dasar, yaitu dribbling, passing, shooting, dan heading. Setiap pemain harus memahami teknik dasar tersebut.

  1. Dribbling

Dribbling merupakan teknik untuk membawa bola lebih dekat ke daerah tim lawan. Teknik ini wajib diketahui oleh para pemain agar bola bisa dikontrol dan tidak terebut oleh pemain lawan. Selain membawa bola ke area lawan, dribbling juga bisa dilakukan untuk menerobos pertahanan dan menipu lawan.

  1. Passing

Passing merupakan teknik untuk memberikan bola ke teman, passing atau umpan mempunyai beberapa jenis, yaitu umpan pendek, umpan panjang, umpan terobosan, umpan lambung, dan umpan silang.

  1. Shooting

Shooting atau menendang bola merupakan teknik untuk mencetak gol ke gawang lawan. Dalam melakukan shooting, setiap pemain harus menggunakan insting agar tendangan bisa masuk ke gawang lawan dengan akurasi dan kecepatan yang tepat. Teknik ini wajib sekali dikuasai oleh pemain, terutama pemain penyerang.

  1. Heading

Selain menggunakan kaki, permainan sepak bola juga menggunakan kepala. Teknik menyundul bola ini mempunyai banyak fungsi, bisa untuk mengoper bola, menghalau bola, dan mencetak gol. Heading juga bisa dilakukan dengan melompat agar kepala bisa menjangkau bola yang tinggi.

Sekian penjelasan lengkap mengenai pengertian, sejarah, peraturan, dan teknik permainan sepak bola. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.