Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan

Tahap-Perkembangan-Bayi-0-12-bulan

Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan  – Setiap bayi memiliki pertumbuhan yang berbeda dengan bayi lainnya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi. Secara umum tumbuh kembang bayi dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan dan psikologis.

Tumbuh kembang bayi akan sangat pesat sebelum usia 2 tahun. Di tahapan ini merupakan fase priode kritis sehingga jika bayi ada gangguan maka sangat tepat sekali untuk melakukan terapi.

Ada beberapa area perkembangan pada bayi, diantaranya adalah: motorik kasar, motorik halus, sensorik, bahasa, dan sosial & emosional. Untuk lebih detailnya, simak beriBerikut adalah tahap pertumbuhan anak sesuai usia 0-12 bulan:

Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan

Tahap-Perkembangan-Bayi-0-12-bulan
Tahap-Perkembangan-Bayi-0-12-bulan

Berikut ini tahapan perkembangan bayi yang dikelompokkan dalam 3 kelompok usia, yaitu usia 0-3 bulan, usia 4-7 bulan dan usia 8-12 bulan.

Perkembangan Bayi 0-3 Bulan

Perkembangan Motorik Kasar

Perkembangan motorik kasar bayi usia 0-3 bulan diawali dari bayi dapat mengangkat kepala dan dada saat tengkurap, bayi dapat menyokong tubuhnya bagian atas menggunakan lengan saat bayi tengkurap, bayi dapat membuka dan menutup tangan, dapat mengangkat tangan hingga ke mulut dan bayi dapat meraih mainan untuk digoyangkan.

Perkembangan Visual

Perkembangan bayi ranah visual diawali dengan bayi dapat menatap wajah orang tua, bayi dapat mengikuti obyek yang bergerak, dapat menengenali orang yang sering bertemu.

Perkembangan Bicara dan Pendengaran

Bayi pada tahapan ini akan dapat tersenyum dan mendengar suara ibu, bayi mulai bergumam mengeluarkan suara.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Perkembangan bayi ranah sosial dan emosional yaitu bayi dapat menikmati bermain bersama orang lain, bayi lebih komunikatif menggunakan ekspresi wajah dan bahasa tubuh.

Perkembangan Bayi 4-7 Bulan

Perkembangan Motorik Kasar

Perkembangan motorik kasar padda bayi usia 4-7 bulan yaitu dapat melakukan gerakan tengkurap bolak balik, dapat duduk dengan bantuan tangan hingga tanpa bantuan, dapat mengambil benda di sekitar menggunakan 1 tangan, dapat memindahkan barang dari tangan secara bergantian.

Perkembangan Visual

Bayi pada usia 4-7 bulan sudah dapat melihat beraneka warna, bayi dapat melihat gerakan benda bergerak dan pandangan mengikuti gerakan tersebut.

Perkembangan Bahasa

Bayi dapat merespon saat dipanggil namanya, dapat membedakan emosi dari nadda bicara, merespon suara dan membuat suara, dapat mengekspresikan rasa senang ataupun rasa tidak nyaman, bayi dapat babbling dengan beberapa konsonan.

Perkembangan Kognitif

Bayi dapat menemukan objek terembunyi, dapat menggunakan tangan dan mulut untuk berekspresi, selalu berusaha meraih obyek yang jauh dari jangkauannya.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Bayi mulai suka dan senang bermain bersama-sama, bayi tertarik pada bayangan di cermin,  dapat merespon ekspresi emosi orang lain.

Perkembangan Bayi 8-12 Bulan

Perkembangan Motorik Kasar

Pada tahapan ini bayi sudah dapat duduk dari posisi tidur tanpa bantuan, dapat merangkak maju, dapat berjalan sambil berpegangan pada benda yang ada disekitar, dapat berdiri sebentar tanpa bantuan, dapat berjalan mulai dari  2 sampai 3 langkah tanpa bantuan.

Perkembangan Motorik Halus

Bayi dapat memegang benda dengan menggunakan dua jari, dapat membenturkan dua kubus bersamaan, dapat memasukkan dan mengeluarkan benda ke dalam atau keluar wadah, dapat secara sengaja melemparkan benda, suka memasukkan jari telunjuk ke lubang, dapat mencoba mencorat-coret.

Perkembangan Bahasa

Bayi lebih memperhatikan gerakan mulut lawan bicara,  dapat merespon kalimat sederhana, dapat merespon terhadap “tidak”, dapat menggunakan gerakan sederhana dalam menyatakan keinginan, dapat babbling dengan nada bervariasi,  dapat bicara 2 suku kata seperti “mama”, dapat menggunakan kata-kata seri dan mencoba meniru kata-kata.

Perkembangan Kognitif

Bayi dapat mengeksplorasi obyek dengan membenturkan, melempar, menggoncangkan, dan menjatuhkan, dapat menemukan obyek tersembunyi dengan mudah, dapat melihat gambar, dapat menirukan gerakan isyarat, dapat mulai menggunakan benda secara benar.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Bayi sudah mulai malu atau cemas pada orang asing, dapat menangis saat tidak ada orang tuanya, dapat menunjukkan ketertarikan pada orang atau mainan tertentu, dapat merasa takut pada situasi tertentu, bayi lebih memilih ibu dibandingkan orang lain.

Pada tahapan ini bayi juga sudah dapat mengulang suara atau gerak tertentu untuk menarik perhatian, bayi dapat merentangkan lengan atau kaki  saat memakai pakaian.

Itu tadi Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan, sebagai orang tua sebaiknya tahu tahap perkembangan bayi tersebut agar lebih mengerti cara merawat bayi dengan benar. Dengan mengetahui tahapan tersebut orang tua tidak akan bingung lagi saat bayi rewel malam hari.

Baiklah, itu saja yang dapat misteruddin bagikan. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat dan apabila ada waktu silahkan berkunjung ke “Google News” untuk membaca artikel-artikel terbaru kami lainnya.

Baca Juga:
Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan, Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan, Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan
Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.