Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis~Memiliki usaha yang berjalan lancar dan sukses adalah sebuah nikmat yang luar biasa. Kesuksesan merupakan buah manis dari serangkaian usaha yang sebelumnya pernah dilakukan.

Lika-liku dalam membangun pondasi usaha tentunya tak semanis hasil yang di dapat. Berbagai rintangan sudah pasti ada dan menjadi tangga kesuksesan sebuah usaha.

Seperti usaha belut yang baru saya mulai beberapa bulan terakhir ini, saat pertama kali mencoba terjun di dunia ternak belut rasanya sulit sekali, karena pada dasarnya saya memang tidak punya dasar pengetahuan tentang peternakan. Berdasarkan baca-baca buku dan sharing dengan teman, saya memantapkan diri untuk membuat usaha ternak belut ini.

Mungkin tak banyak modal yang saya keluarkan dalam mengawali usaha ternak belut ini. Kalau dirinci secara global kurang lebih biaya membuat kolam sekitar 11jt dan untuk isi bibit belutnya di 12 kolam kurang lebih 6jt.

Dalam perjalanan menjalankan usaha belut ini tak semudah yang saya perkirakan, di bulan pertama pelepasan bibit belut ke kolam membuat saya kaget, hampir 50% belut yang saya lepas mati setelah beberapa minggu berada di kolam.

Kepala mulai memutar otak untuk mengatasi masalah dan membuat solusi dari permasalahkan tersebut. Setelah dicari penyebanya, ketemulah inti permasalahan.

Penyebab belut mati adalah paparan sinar matahari yang langsung mengenai kolam, kondisi ini membuat air terlalu panas yang akhirnya berdampak pada kematian belut.

Dari permasalah tersebut saya harus merogoh kocek lagi sebagai modal tambahan pembuatan atap kolam dari “Waring”. Alhamdulillah permasalahan selesai. Andai saja waktu itu saya tau ada pinjaman online, mungkin tidak terlalu banyak keluarkan modal dari celengan ayam saya.

Baru-baru ini saya dengar ada sebuah situs yang melayani pinjaman modal usaha. Seingat saya namanya Aspire, situs ini melayani Pinjaman Online.

Apa itu Aspire?

Aspire adalah platform fintech yang bisa memberikan pinjaman modal usaha kepada pemilik bisnis atau pelaku usaha, khususnya para pengusaha di skala kecil menengah.

Aspire memberikan kemudahan pada peminjam modal usaha karena pemilik bisnis tidak lagi perlu mengurus dokumen yang banyak dan melalui proses yang memakan waktu. Karena Aspire memakai sistem pinjaman online.

Selain itu, Aspire juga mampu menawarkan kredit bunga rendah disertai bunga 0%. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi peminjam modal usaha. Saat ini, Aspire telah beroperasi menjalankan pinjaman online di Indonesia, Thailand, Singapura, dan Vietnam.

Apa itu pinjaman modal usaha dan apa manfaatnya untuk bisnis

Pinjaman modal usaha adalah sebuah dana yang dipinjamkan kepada pelaku usaha untuk menjalankan bisnis berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Manfaat pinjaman modal usaha untuk bisnis sangat banyak sekali, diantaranya adalah mempermudah pengusaha pemula mengawali usaha, bagi pengusaha lanjut bisa sebagai suntikan dana saat perluasan usaha.

Apa saja mitos seputar pinjaman modal bagi bisnis?

Banyak mitos bermunculan di masyarakat mengenai pinjaman modal usaha, mitos yang beredar di masyarakat yaitu hanya bisnis bermasalah yang meminjam modal usaha, bunga pinjaman modal terlalu besar untuk dipertimbangkan, hanya bisnis besar yang bisa mendapatkan modal usaha.

Padahal tidak begitu adanya, pinjaman modal usaha sangat bermanfaat jika di manfaatkan sebaik mungkin di waktu yang tepat.

Kapan saat yang tepat dan tidak tepat untuk mengambil pinjaman modal usaha

Manfaat Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis

Meminjam dana untuk usaha memang tidak boleh sembarangan, harus mengetahui waktu yang tepat untuk mengambil pinjaman modal usaha. Sebelum mengambil pinjaman usaha, cermati situasi berikut ini:

Pertama, Apabila Anda diambang kekurangan dana untuk memenuhi beberapa kebutuhan penting dalam bisnis, inilah saat yang tepat mengambil pinjaman modal usaha, sebelum arus kas mengalami gangguan atau tersendat.

Kedua, Apabila grafik pertumbuhan bisnis stagnan dan cenderung menurun, sedangkan pada waktu itu saatnya produksi harus semakin dikencangkan dengan teknologi atau memulai riset produk dan pasar baru. Maka pinjaman modal usaha di momen ini juga tepat untuk mengatasi permasalahan di usaha anda.

Ketiga, Apabila Anda menemukan kesempatan bisnis di sektor, pasar, atau wilayah baru. Kemudian Anda akan melakukan ekspansi dan memerlukan riset yang mendetail, proses uji coba yang panjang, serta infrastruktur yang kuat. Maka inilah saatnya Anda mengambil pinjaman modal usaha. 

Apa saja tipe pinjaman modal usaha yang tersedia

Banyak tipe pinjaman yang ditawarkan ke peminjam modal usaha, diantaranya adalah pinjaman tanpa jaminan, pinjaman dengan jaminan, lini kredit bisnis. Dari berbagai jenis pinjaman ini akan lebih baik untuk di fahami agar sesuai dengan keperluan anda.

Bagaimana cara menentukan jumlah pinjaman modal usaha yang tepat

Perhitungkan pemasukan dan pengeluarkan yang jelas dan rinci, pastikan pinjaman modal usaha yang anda pinjam bisa membantu berkembangnya usaha anda, dan usaha yang anda jalankan tidak mengalami minus akibat pinjaman yang diambil.

Apa saja hal yang harus diperhatikan saat mencari pinjaman modal usaha

Dalam kaitannya dengan pinjaman modal usaha untuk bisnis, anda perhitungkan dengan jelas mengenai suku bunga, tenor, lisensi pemberi pinjaman.

Pilihan institusi yang memberikan pinjaman modal usaha

Banyak institusi yang menyediakan pinjaman online, diantaranya adalah bank dan fintech. Pilihlah institusi yang tepat dan terpercaya, dan yang paling penting tidak merugikan untuk kedua belah pihak.

Dokumen apa saja yang biasanya harus disiapkan untuk mendapatkan modal usaha dari masing-masing institusi

Mungkin jika anda pinjam ke orang terdekat anda bisa langsung mendapatkan pinjaman tersebut tanpa syarat, berbeda dengan institusi keuangan, setiap kali hendak meminjam modal usaha pasti ada dokumen tertentu yang perlu disiapkan.

Misalnya seperti KTP pengurus perusahaan, NPWP usaha, data keuangan perusahaan, data fasilitas bank, akta pendirian, dan perubahan lengkap, laporan keuangan usaha tiga tahun terakhir, Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), hingga dokumen jaminan seperti sertifikat AJB, IMB, PBB, dll.

Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan pinjaman modal melalui fintech cenderung lebih sedikit. Contohnya, untuk mendapatkan kredit digital berbunga rendah dari Aspire, pemilik usaha perlu memiliki rekening koran untuk transaksi bisnis, salah satu bukti keabsahan usaha jika bisnis yang dilakukan non-online (seperti SIUP, TDP, IUMK, IUI, APU, dsb), atau link url jika bisnis yang dilakukan secara online

Aspire, solusi terbaik untuk pinjaman modal usaha Anda

Aspire bisa jadi solusi terbaik untuk pinjaman modal usaha Anda

Bagi Anda pemilik Usaha Kecil Menengah yang masih bingung dalam memilih layanan penyedia pinjaman modal, Anda bisa berkonsultasi dengan Aspire Aspire bisa jadi solusi yang untuk megatasi masalah pinjaman modal usaha untuk bisnis Anda.

Aspire berperan sebagai lembaga perbankan terbarukan yang selalu terbuka untuk memberikan pinjaman kepada pemilik bisnis. Tidak hanya fleksibilitas dalam menentukan nominal pinjaman, Aspire juga menawarkan fleksibilitas dalam hal persyaratan saat pengajuan pinjaman. 

Poin plus pinjaman modal usaha di Aspire adalah saat Anda kesulitan memenuhi pinjaman bank, Aspire menawarkan aplikasi kredit digital berbunga rendah dan disertai opsi untuk membayar secara berkala.

Dengan persyaratan yang dibutuhkan lebih mudah dipenuhi. Semua prosesnya dapat dilakukan melalui aplikasi digital yang aman dan merekam semua jejak transaksi. Sistem pinjaman online Aspire ini akan menjadi solusi terbaik untuk siapapun yang butuh pinjaman modal usaha untuk bisnis.

Loading...
1 Comment
  1. Aorlin says

    Bermanfaat nih.. makasih min..

Leave A Reply

Your email address will not be published.