5 Tips Membeli Susu Cair Kotak

Ketika membeli sebuah produk, Anda harus cermat dan jeli. Termasuk ketika Anda membeli produk susu cair kotak. Kemasan susu cair yang berbentuk kotak memang praktis, terutama untuk dibawa bepergian. Anda tidak harus repot menyiapkan air panas. Terlebih jika susu tersebut untuk anak. Bisa habis kesabaran Anda jika harus menyeduh susu dahulu ketika anak rewel selama perjalanan.

Tips Membeli Susu Cair Kotak

susu cair kotak

Susu yang dikemas dalam wadah kotak memang lebih disukai konsumen. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membeli susu cair kotak. Selain harga, Anda juga perlu mempertimbangkan kandungan gizi, keadaan kemasan, dan beberapa tips lain.

1. Perhatikan kemasan

Tips pertama ketika membeli susu cair kotak adalah perhatikan bentuk kemasan.  Susu cair umumnya sangat sensitif terhadap kondisi yang berada di luar kemasan. Apabila Anda mendapati kemasan susu cair dalam keadaan penyok atau rusak seperti ada bagian kemasan yang terbuka, maka segera batalkan niat untuk membeli.

 Keadaan kemasan yang rusak memberikan peluang lebih besar akan terjadinya kontaminasi dengan udara di luar dan bakteri sehingga dapat menurunkan kadar gizi yang terkandung di dalam susu.

2. Perhatikan tanggal kadaluarsa

Hal kedua yang juga penting adalah tanggal kadaluarsa yang dicantumkan dalam kemasan produk. Semua produk makanan maupun minuman khususnya susu cair memiliki batas kadaluarsa yang tidak cukup lama, sehingga Anda harus lebih teliti saat membeli.

Pastikan Anda tidak membeli produk yang tidak tercantum tanggal kadaluarsanya, karena itu berarti produk tersebut tidak jelas kapan pembuatan dan batas akhir konsumsinya. Supaya lebih aman, pastikan Anda mengonsumsi susu cair minimal sebulan sebelum tanggal kadaluarsa.

3. Segera habiskan saat kemasan susu dibuka

Untuk memperoleh nilai gizi yang maksimal, segera habiskan produk susu yang Anda beli dan sudah dibuka. Ketika kemasan susu sudah terbuka, otomatis nilai gizinya sudah tidak sama lagi seperti pada saat awal Anda mengonsumsinya.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Apabila Anda akan membeli susu cair kotak yang bisa diminum sekali habis, bisa memilih susu kemasan berukuran kecil. Hal ini cocok juga jika akan Anda berikan untuk anak terutama saat bepergian. Karena jika Anda memakai susu dengan ukuran yang besar, ketika masih ada sisa, Anda harus menyimpannya di kulkas dengan suhu lebih kurang 4 derajat Celcius. Hal tersebut agar susu masih bisa konsumsi selama 4 hari ke depan.

5. Memilih susu cair kemasan (kotak) untuk anak

Bagi Anda, para orang tua yang akan memberikan susu cair kotak pada anak, disarankan agar pemberiannya dilakukan jika anak sudah berusia 2 tahun dengan pilihan susu rendah lemak. Kandungan lemak pada susu tidak lebih dari 3,7%.

Anak di bawah usia 2 tahun belum disarankan mengonsumsi susu cair kotak karena susu cair belum bisa ditolerir oleh sistem pencernaan bayi di bawah usia 2 tahun. Sehingga lebih baik apabila Anda tidak bisa memberikan ASI eksklusif yang maksimal mungkin Anda bisa memilih susu formula sesuai kebutuhan. Produk susu cair kotak yang bisa Anda berikan sebagai pendamping untuk anak adalah Morinaga Chil Go. Susu buatan brand Morinaga dari produsen Kalbe ini bisa dikonsumsi anak usia 1 – 12 tahun. Namun ada baiknya, untuk anak usia dibawah 2 tahun, tidak setiap hari diberikan. Bisa diberikan hanya ketika terpaksa sebagai makanan tambahan. Dan perlu Anda ingat, Morinaga Chil Go bisa diberikan sebagai pendamping Morinaga Chil Kid dan Chil School.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Flu yang Benar

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.