Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing

Foto: resepmasakterbaru.com

Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing – Nasi kebuli sering disebut nasi dari Arab sebenarnya adalah nasi asli Indonesia yaitu dari warga Betawi bukan dari Arab.

Nasi kebuli memiliki rasa khas seperti hidangan dari Arab ini pertama kalinya dibuat oleh warga Betawi. Disebut sebagai nasi asli Indonesia karena di Arab memang tidak ada masakan nasi kebuli. Hanya saja kebetulan yang pertama kali meracik resepnya adalah orang betawi keturunan Arab.

Umumnya nasi kebuli dimasak bersamaan dengan daging kambing yang diolah menggunakan minyak samin, inilah yang membuat nasi kebuli memiliki rasa dan aroma yang khas serta lebih lezat.  Oleh karena itu, tak heran jika nasi kebuli banyak dicari oleh pecinta kuliner.

Saat penyajian, nasi kebuli didampingi dengan irisan Acar Nanas serta sambal goreng hati dan sedikit taburan kismis. Bagaimana cara membuat nasi kebuli yang lezat? Mari simak caranya berikut ini.

Resep Nasi Kebuli Kambing

Sebelum memasak nasi kebuli, persiapkan bahan-bahannya. Ada beberapa bahan dasar untuk membuat nasi tersebut.

Baca Juga: 7+ Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks, Perlu Kamu Tahu!

Apa bahan untuk membuat nasi kebuli?

Seperti makanan pada umumnya, nasi kebuli juga memiliki bahan dasar. 8 Bahan berikut ini merupakan bahan dalam memasak nasi kebuli.

  • 1 kg Daging Kambing, boleh dengan tulang atau tanpa tulang
  • 1 Liter Beras jenis Basmati atau bisa juga memakai Beras Pera IR 42
  • 250 gram Bawang Bombay, potong seperti dadu kecil
  • 6 siung Bawang Putih, potong kecil-kecil
  • 4 sdm Bumbu Nasi Kebuli,  anda bisa memakai Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food
  • 3 sdm Minyak Samin atau Mentega
  • Air, gunakan secukupnya
  • Garam, bisa sesuai selera

Bagaimana cara membuat nasi kebuli kambing?

Apabila semua bahan untuk membuat nasi kebuli sudah siap, sekarang mari memasak nasi tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, tumis bawang bombay dengan Minyak Samin atau Mentega di dalam panci hingga layu, kemudian masukkan bawang putih , tumis hingga warna berubah menjadi lebih coklat.
  2. Ambil Bumbu Nasi Kebuli Aromatic Cairo Food, masukkan ke dalam panci lalu tumis sampai tercium aroma kuat.
  3. Masukkan secukupnya, sesuai selera. Umunya apabila Beras Pera IR 42, tuangkan air kurang lebih 1.2 Liter. Sedangkan Beras Basmati kurang lebih 1.4 Liter air.
  4. Masukkan daging kambing ke dalam panci, rebus daging itu hingga empuk. Penting sekali menjaga volume air, usahakan tidak berubah volumenya selama merebus daging. Butuh waktu 45 menit hingga 2 jam dalam merebus daging, tergantung umur dan jenis kambing. Untuk memastikan tekstur daging sudah empuk atau belum anda bisa cek dan coba tusuk dengan garpu.
  5. Apabila daging kambing sudah empuk, masukkan Beras ke dalam panci (Untuk beras Basmati, sebaiknya rendam dulu selama 5-10 Menit,  sedangkan Beras Pera IR 42, bisa langsung dimasukkan ke dalam panci )
  6. Masak Nasi Kebuli Kambing hingga matang.
  7.  Agar lebih nikmat, sajikan nasi kebuli kambing dengan acar, emping, sambal dan bawang goreng.

Itu tadi cara membuat nasi kebuli kambing. Dalam resep tersebut menggunakan Bumbu Nasi Kebuli dari Cairo Food, bumbu ini sudah dipakai & dipercaya sebagai standar oleh para restoran, hotel dan catering.

Cara membuat nasi kebuli kambing
Cara membuat nasi kebuli kambing

Untuk membeli Bumbu kebuli ini, bisa di Lulu Hypermart atau marketplace seperti Tokopedia & Shopee. Anda juga dapat membeli langsung di website resmi yaitu di https://cairofood.id atau juga bisa membeli melalui whatsapp ke nomor ini 081218222610.

Bumbu nasi kebuli Cairo Food terbuat dari 100% rempah alami, tentunya lebih aman karena bukan dari bahan kimia atau perisa. Selain itu juga bebas msg, tanpa zat pewarna, pengawet, dan anti kempal alami.

Nah, bahan sudah punya, bumbu pun mudah didapat, apalagi sekarang sudah tahu Cara Membuat Nasi Kebuli Kambing, masih tunggu apalagi? Buruan eksekusi!

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.