Memahami Perbedaan 4 Jenis Gitar Akustik Bagi Pemula

Daftar Isi

Di pasaran, ada berbagai jenis gitar akustik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Gitar akustik umum dipilih oleh para pemula yang memang baru belajar memainkan alat musik satu ini.

Alasannya tentu karena gitar jenis akustik lebih mudah untuk digunakan. Merk yang beredar di pasaran biasanya seperti Ibanez, Yamaha, Gibson dan Fender.

Selain memilih merk, hal terpenting lain saat membeli gitar jenis akustik adalah mengenali jenis-jenisnya. Pasalnya, di pasaran ada kurang lebih 4 tipe gitar akustik seperti berikut.

Mengenali 4 Jenis Gitar Akustik yang Cocok untuk Pemula

Perbedaan 4 Jenis Gitar Akustik

Ada empat jenis gitar akustik yang tersedia di pasaran seperti silent guitar, steel string guitar, acoustic electric dan standar. Untuk memahami perbedaan dari keempat jenis gitar akustik ini, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Steel String Guitar

Bagi para gitaris pemula, gitar jenis akustik Steel String Guitar adalah salah satu yang paling favorit dan pertama dibeli. Pasalnya, kisaran harga yang tersedia untuk jenis Steel String Guitar cukup bervariasi dari yang murah hingga mahal.

Gitar jenis akustik pun sangat sesuai untuk dimainkan oleh berbagai rentang usia baik itu anak-anak, wanita ataupun orang yang bentuk tubuhnya tergolong kecil.

Pasalnya, gitar ini didesain memiliki ukuran leher dan juga compact yang sangat ramping dan nyaman saat digenggam. Gitar yang juga dikenal sebagai gitar folk ini dapat memproduksi suara yang tajam dan juga halus.

Frekuensi getaran gelombang yang dihasilkan oleh Steel String Guitar cukup panjang. Steel String Guitar adalah jenis gitar yang paling disarankan untuk dipilih oleh mereka yang menyukai lagu pop tenang ataupun instrumental gitar solo.

2.  Gitar Tipe Standar

Dinamakan dengan gitar jenis akustik yang standar, namun gitar ini memiliki ketebalan lebih besar ketimbang gitar Steel String Guitar. Ketebalan body gitar bahkan bisa mencapai 1,5 kalinya gitar Steel String Guitar.

Meski dengan bodinya yang bisa dibilang cukup besar ini membuat beberapa orang kesulitan ketika ingin memainkan, namun keunggulan gitar standar adalah volume suara yang diproduksi sangat tinggi.

Selain volume yang lebih nyaring, dinamika suaranya juga lebih terasa. Gitar tipe standar lebih ditujukan untuk memainkan musik berjenis rock karena memang memiliki kekuatan bas yang tajam.

Gitar tipe standar memiliki intonasi suara yang lebih nyaring. Jika Anda menyukai aliran lagu blues, rock dan jazz, maka gitar ini menjadi pilihan terbaik.

3. Gitar Akustik Jenis Elektrik

Selain gitar jenis akustik yang standar maupun Steel String Guitar, di pasaran juga terdapat jenis gitar akustik elektrik yang membutuhkan listrik agar dapat berfungsi.

Secara desain, gitar jenis akustik elektrik hampir serupa dengan gitar elektrik yang Anda temui di pasar memiliki leher gitar berukuran kecil atau ramping.

Secara penggunaan, gitar jenis akustik elektrik bisa dikatakan cukup mudah untuk dimainkan karena suara yang dikeluarkan lebih stabil ketimbang gitar jenis akustik standar dan steel string guitar.

Sebenarnya, jenis gitar akustikstandar dan juga steel string guitar bisa diubah menjadi gitar akustik elektrik. Namun, biasanya akan timbul gangguan suara ketika volume suara permainan dinaikkan.

Gangguan suara hadir ketika raw guitar (gitar kopong) dipasangi oleh pickup. Pickup yang dipasang pada bagian gitar kopong sendiri dibutuhkan jika Anda ingin mengubah gitar akustik menjadi gitar akustik elektrik.

4. Silent Guitar

Apabila Anda merasa suara gitar dari gitar akustik standar dan lainnya terlalu besar volumenya, maka jenis silent guitar adalah pilihan terbaik.

Pasalnya, silent guitar memiliki volume suara yang bisa dikontrol dengan mudah menggunakan amplifier dan juga headphone yang disambungkan ke gitar.

Karena sifat silent guitar yang mudah untuk diatur, silent guitar banyak dipilih oleh mereka yang ingin bebas bermain gitar kapanpun bahkan malam sekalipun. Dengan begitu Anda tidak perlu takut mengganggu orang lain.

Baca Juga: Aisyah Istri Rasulullah (Trending, Kisah, Lirik, Chord, Lagu)

Apakah Anda menjalankan bisnis produk alat musik dan bingung mencari pemasok yang menyediakan beragam jenis gitar akustikyang memadai? Bhinneka.com adalah jawaban untuk kebutuhan bisnis Anda.

Bhinneka.com menawarkan beragam barang dagangan untuk kebutuhan toko alat musik dalam jumlah besar. Bhinneka.com menjamin produk yang dikirim akan berada dalam kondisi yang aman dan terjamin.

Coba saja langsung. Mau beli gitar satuan maupun dalam jumlah besar, Gitar Akustik Bhinneka.com adalah tempat terbaik. Mari coba sekarang juga!

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.