7+ Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks, Perlu Kamu Tahu!

Kekurangan Vitamin B Kompleks

Kekurangan Vitamin B Kompleks – Vitamin ini membantu tubuh dalam mengolah serta mendapatkan energi dari makanan yang telah dikonsumsi.  Vitamin B kompleks dapat membantu tubuh dalam memelihara kesehatan otot, mata,  dan saraf.

Tidak hanya itu saja,  vitamin B kompleks juga dapat membantu tubuh menghasilkan enzim, serta berguna untuk membentuk sel darah merah pada tubuh dan masih banyak lagi peran vitamin B dalam membangun kesehatan tubuh.

Bagaimana jika tubuh kekurangan vitamin B kompleks? mari cari tahu apa saja dampak pada tubuh jika kekurangan vitamin B.

Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks

Apabila tubuh kekurangan vitamin B akan mendapatkan masalah kesehatan yang bermacam-macam. Untuk itu dibutuhkan informasi jelas tentang asupan gizi apa saja yang perlu dikonsumsi agar resiko tubuh terkena dampak kekurangan vitamin B kompleks semakin tipis.

Sebelum menilik pada cara memenuhi asupan vitamin B, perlu diketahui dampak dari kekurangan vitamin B agar lebih aware terhadap kesehatan tubuh dan semangat untuk mengkonsumsi makanan yang seharusnya dipenuhi.

Kekurangan Vitamin B Kompleks
Kekurangan Vitamin B Kompleks

1. Kekurangan Vitamin B1

Apabila tubuh Kekurangan vitamin B1 maka akan terserang penyakit beri-beri dan penyakit Wernicke.

2. Kekurangan Vitamin B2

Vitamin B2 dapat membantu tubuh dalam mengolah energi dari makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.

Kekurangan vitamin B2 dapat menimbulkan anemia, mata menjadi merah, kulit kering, bibir tampak pecah-pecah, infeksi pada mulut, hingga dapat menyebabkan sensitif terhadap cahaya.

3. Kekurangan Vitamin B3

Jika tubuh kekurangan vitamin B bisa menimbulkan penyakit pellagra yang ditandai dengan ruam bersisik pada area kulit yang terkena paparan sinar matahari, sering muntah, sakit diare, sakit kepala, tubuh sering terasa lelah, terjadi depresi, mulut jadi bengkak, lidah memerah, dan sulit berkonsentrasi. Apabila tidak segera diobati, kekurangan vitamin B3 dapat menyebabkan kematian.

4. Kekurangan Vitamin B5

Dampak dari kekurangan vitamin B yaitu mengalami sakit pada bagian kepala, tubuh sering lelah, mudah tersulut emosi, terasa perih pada lengan atau kaki, merasa mual, rambut jadi rontok, denyut jantung semakin meningkat, dan terjadi gangguan pencernaan .

5. Kekurangan Vitamin B6

Jika tubuh kurangnya vitamin B6 maka akan meningkatkan risiko gangguan pada  otak seperti depresi, terjadsi kejang dan sering kebingungan, berasa mual, otot terasa berkedut, luka di bagian sudut bibir, terasa kesemutan dan nyeri pada bagian tangan serta kaki.

6. Kekurangan Vitamin B7

Efek dari kekurangan jenis vitamin B adalah terjadinya rambut rontok, kulit terasa kering, ruam bersisik pada  sekitar mata dan mulut, mata terasa kering, sering kelelahan, dan terjadi depresi.

7. Kekurangan Vitamin B9

Kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah atau anemia megaloblastik. Sehingga tubuh menjadi lelah, terjadi sesak napas, rambut menjadi beruban, sering sariawan, pertumbuhan tubuh buruk, dan lidah jadi membengkak.

8. Kekurangan Vitamin B12

Tubuh yang kekurangan vitamin B12 akan mengalami  komplikasi berupa kemandulan, pikun, cacat tabung saraf pada janin, gangguan pada penglihatan dan ataksia.

Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin B

Tubuh membutuhkan asupan vitamin yang seimbang agar tetap sehat. Tak terkecuali kebutuhan vitamin B harian.

Untuk memenuhi kekurangan vitamin b kompleks kamu  bisa mengkonsumsi makanan-makanan atau pun minuman yang bernutrisi seperti Bayam, telur, susu, daging ayam, dan yoghurt.

Kamu juga dapat mendapatkan asupan  vitamin B dari berbagai suplemen atau multivitamin. Pemenuhan vitamin B kompleks ini harus berdasarkan anjuran dari dokter.

Baca Juga: Mengatasi Radikal Bebas dengan Air Super Anti Oksidan

Oleh karena itu dibutuhkan konsultasi sebelum mengkonsumsi suplemen untuk tubuh. Hal ini lebih baik dari pada menerka-nerka sendiri, sehingga kamu tahu apakah benar kamu kekurangan vitamin b kompleks. Selain itu kamu juga bisa tanya-tanya apa saja kegunaan vitamin b kompleks bagi tubuh.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter secara langsung mengenai vitamin b kompleks yang bagus untuk memenuhi asupan vitamin pada tubuhmu.

Itu tadi informasi mengenai kekurangan vitamin b kompleks pada tubuh, semoga dengan membaca posting ini dapat menambah wawasan seputar kesehatan tubuh.

Terima kasih telah berkunjung ke misteruddin.com, apabila ada saran silahkan hubungi admin melalui laman kontak yang tersedia pada blog ini.

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.