Kelebihan dan Kekurangan Semen Instan

Kelebihan dan Kekurangan Semen Instan

Apa Kelebihan dan Kekurangan Semen Instan? – Perkembangan teknologi bangunan memunculkan inovasi baru dalam produksi bahan bangunan. Berbagai manfaat dan kemudahan dari penggunaan teknologi bangunan kini telah membuat proses pembangunan jadi lebih mudah dan berkualitas.

Salah satu dari wujud perkembangan teknologi bangunan adalah semen instan. Semen instan kini banyak dipakai para tukang bangunan dalam menyelesaikan pembangunan rumah maupun bangunan lainnya.

Semen instan merupakan semen yang dapat digunakan dengan cukup menambahkan air pada semen kemudian semen siap untuk digunakan. Semen instan ini di kalangan masyarakat dikenal sebagai mortar.

Kegunaan Semen Instan

Semen instan dapat digunakan untuk perekat saat memasang keramik atau bisa juga digunakan untuk memasang bata ringan. Semen instan memiliki daya rekat berbeda-beda, hal ini harus diperhatikan saat memilih semen agar hasil dapat maksimal.

Kelebihan dan Kekurangan Semen Instan

Kelebihan dan Kekurangan Semen Instan
Kelebihan dan Kekurangan Semen Instan

Kelebihan Semen Instan

Jika pada umumnya penggunaan semen dicampur air dan pasir berbeda dengan semen instan, semen instan atau yang biasa disebut dengan mortar ini cukup ditambahkan air saja, aduk, dan semen sudah siap digunakan. Dengan menggunakan semen instan ini maka pembangun rumah pun akan lebih menghemat waktu.

Banyaknya tambahan bahan penguat pada semen instan membuat semen jenis ini menghasilkan bangunan yang kokoh. Tak heran jika semen isntan banyak dipakai pada konstruksi bangunan high-rise.

Selain itu, adanya campuran homogen membuat hasil akhir dari semen instan lebih halus, estetis, dan rapi. Campuran homogen pada semen instan mampu meminimalisir kemungkinan adanya retak rambut dan retak lainnya.

Kekurangan Semen Instan

Setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga semen instan. Semen instan dengan berbagai kelebihan tersebut, bukan berarti semen ini tidak memiliki kelemahan sama sekali. Berikut ini beberapa kelemahan dari semen instan yang perlu kamu tahu.

Kekurangan pertama dari Semen instan yaitu dipatok dengan harga yang relatif tinggi dibanding dengan harga semen biasa pada umumnya. Hal ini karena semen instan dibuat untuk memberikan kualitas terbaik dalam bangunan.

Meskipun semen instan sudah mengandung komposisi tertentu guna meningkatkan kualitas bangunan, campuran semen instan juga tidak fleksibel.

Itu tadi informasi mengenai “Kelebihan dan Kekurangan Semen Instan“. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat dan apabila ada waktu silahkan berkunjung ke “Google News” untuk membaca artikel-artikel terbaru kami lainnya.

Baca Juga:

Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat dan apabila ada waktu silahkan berkunjung ke “Google News” untuk membaca artikel-artikel terbaru kami lainnya.
Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.