Greetings In Bahasa Indonesia

Greetings In Indonesia

Hai sobat Misteruddin! Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengetahuan seputar Greetings In Bahasa Indonesia. Pengetahuan ini saya dapat waktu saya masih belajar bahasa Inggris di kampung Inggris Pare Kediri. Meskipun tak seberapa ilmunya namun sayang sekali kan jika tidak dibagikan.

Baiklah, berbicara tentang Greetings In Bahasa Indonesia lebih enaknya saya kupas dari dasar. Greeting dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kalimat sapaan. Kalimat sapaan ini biasanya digunakan untuk mengawali komunikasi atau interaksi antara satu sama lainnya.

Greetings In Bahasa Indonesia

Greetings In Indonesia
Greetings In Bahasa Indonesia Indonesia

Greeting atau sapaan ini dikelompokkan dalam beberapa bagian sesuai dengan fungsinya. Greeting untuk orang sebaya dan greeting untuk orang tua. Pengelompokan tersebut berkaitan dengan adat-istiadat dan adat sopan santun saat berkomunikasi.

Selain itu pengelompokan greeting juga berdasarkan jenis interaksinya, percakapan dalam interaksi formal akan berbeda dengan percakapan pada interaksi non-formal.

Kamu tentunya perlu mengetahui bahwa greeting formal perlu diterapkan dalam acara formal, seperti dalam rapat, saat presentasi dan lain-lain. Greeting formal juga dapat digunakan untuk menyapa orang yang lebih tua dari si pembicara.

Sementara itu, greeting non-formal dapat digunakan saat sedang berkomunikasi dengan teman sebaya dan dapat juga digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang sudah lama dikenal. Pada dasarnya antara Greeting dalam bahasa Inggris dan Greetings In Bahasa Indonesia tidak berbeda begitu jauh dalam penggunaannya.

Agar lebih faham dengan Greeting formal dan non-formal, berikut ini ada beberapa contoh ucapan salam dalam bahasa Inggris dan Greeting in Bahasa Indonesia.

Contoh Formal Greeting

Ungkapan salam atau sapaan formal ini biasanya digunakan untuk kebutuhan komunikasi dengan orang tua atau saat dalam situasi formal seperti rapat dll. Simak contohnya berikut ini.

1. Selamat pagi/siang/sore/malam! = Good morning/day/afternoon/evening!

Contoh: Selamat pagi, Nyonya Berlin! = Good Morning, Ms. Berlin!

2. Salam kenal = How do you do?

Contoh: Salam kenal, Mr. Udin = How do you do, Mr. Udin?

Kalimat sapaan How do you do ini sering sekali ditemui pada buku-buku percakapan, terkadang masih banyak yang belu tahu bagaimana cara menjawab pertanyaan ini.

How do you do termasuk ungkapan salam yang sangat formal. Kata sapaan tersebut biasanya digunakan saat berkenalan dengan orang asing. Untuk menjawab kalimat how do you do, kamu bisa menggunakan kalimat “how do you do” juga atau “i’m doing well”.

3.  Senang berkenalan denganmu = It is nice to meet you / pleased to meet you.

Contoh: Senang berkenalan denganmu, Ayu! = It is nice to meet you, Ayu!

Contoh Non-Formal Greeting

Untuk contoh ungkapan salam non-formal, kamu bisa melihat ungkapan-ungkapan greeting berikut ini.

1. Halo! = Hello!

Contoh: Halo Theo, apa kabar? = Hello, Theo! How are you?

2. Hai = Hi/Hey

Contoh: Hi Tita, ada apa? = Hi Tita, what’s up?

3. Apa kabar = How are you doing

4.  Lama tak ketemu = It’s been a while, long time no see

Contoh kata sapaan tersebut dapat digunakan saat bertemu untuk pertama kali dengan lawan bicara. Untuk pertemuan selanjutnya, kamu bisa menggunakan ungkapan ini:

5. Senang bertemu dengan kamu lagi = ‘It is nice to see you again.’

Itu tadi informasi tentang “Belajar menyapa dalam bahasa indonesia” atau Greetings in Bahasa Indonesia, pelajari lebih lanjut dengan klik di sini “Pelajari Cara Greetings Lebih Lanjut“, kamu akan menemukan beragam informasi berkulitas tidak hanya Greetings in Bahasa Indonesia namun juga informasi penting lainnya.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan artikel ini dishare ke media sosial yang kamu punya. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Temukan informasi menarik lainnya persembahan dari MDM Network.

Baca Juga:

Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat dan apabila ada waktu silahkan berkunjung ke “Google News” untuk membaca artikel-artikel terbaru kami lainnya.
Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.