Langkah Untuk Mencapai Financial Goals

Daftar Isi

Ada berbagai macam cara menekan dan menghemat uang, salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi pembukuan keuangan seperti BukuKas. Cara ini mungkin terlihat cukup konyol dan terkesan sedikit ribet. Namun jika dilakukan dengan baik, hal ini akan sangat membantu dalam memanage keuangan.

Cara menghemat finansial dengan aplikasi pembukuan keuangan hanya membuat daftar agenda pengeluaran dan pemasukan. Kemudian jalankan dan ikuti daftar agenda tersebut. Lalu jangan mengeluarkan uang sedikit pun untuk keperluan yang tidak ada dalam agenda tersebut, kecuali jika untuk keperluan yang bersifat mendesak dan penting.

Tidak hanya memiliki buat untuk melakukan penghematan semata, tetapi juga harus memperhatikan finansial goals. Karena hidup ini penuh dengan tujuan. Di bawah ini adalah tips dalam mencapai financial goals:

Menentukan Rencana Menabung

aplikasi pembukuan keuangan

Saat menabung sebaiknya tidak hanya sekedar menyimpan uang. Namun juga harus menentukan tujuan dari uang tabungan itu sendiri. Apakah itu untuk pendidikan, liburan, membeli barang, pernikahan, renovasi dan lain sebagainya.

Setelah menetapkan rencana untuk menabung, kemudian tentukan pula jumlah uang yang harus dikumpulkan. Target waktunya juga harus diperhatikan dan diperhitungkan dengan baik.

Menyusun Rencana Tabungan

Untuk mencapai finansial goals dan membuat rencana tabungan terwujud sepenuhnya, langkah selanjutnya yaitu dengan membuat susunan rencana tabungan. Dalam rencana tabungan tidak hanya menentukan nominal yang harus ditabung setiap bulannya / setidaknya harus menabung sesuka hati.

Untuk menyusun rencana tabungan, harus membuat agenda pengeluaran secara rinci untuk 1 bulan penuh. Daftar pengeluaran sepele dan sekecil pun sebaiknya tidak dilewatkan. Karena hal itu dapat mempengaruhi rencana tabungan.

Jumlah rencana nominal uang yang harus ditabung setiap bulan tidak harus sama. Namun nominal dari sisa uang yang harus ditabung harus telah memenuhi kebutuhan dalam satu bulan tersebut. Jadi tidak terpaku pada nominal uang tabungan tetap.

Jangan Lupakan Hutang

Hutang adalah aktiva yang juga merupakan sebuah pengeluaran pokok. Hutang ini juga harus dijadikan sebagai prioritas untuk mencapai finansial goals. Hal ini akan bermanfaat untuk merasakan rencana menabung tanpa adanya beban apapun.

Untuk hal ini mungkin cukup berat bagikan pengguna credit card. Maka dari itu, sebaiknya lunas terlebih dahulu semua tagihan credit card yang ada. Lalu terbiasakan diri untuk tidak lagi bergantung dengan credit card. Dengan begitu lakukan perbandingan kondisi keuangan sesudah dan sebelum menggunakan credit card.

Hal ini tidak berarti harus menutup semua daftar credit card yang ada. Karena sewaktu – waktu credit card sangat berguna untuk situasi darurat.

Untuk membuat financial goals berjalan dengan baik, lakukan management keuangan pribadi dengan aplikasi pembukuan keuangan Buku kas. Aplikasi BukuKas ini merupakan aplikasi keuangan pribadi pertama yang dapat diperoleh gratis. Semua fitur Buku Kas yang ada juga merupakan fitur tidak berbayar.

Loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.