Mengenal Geotextile dan Fungsinya

Mengenal geotextile dan fungsinya

Apa itu Geotextile?

Mengenal Geotextile dan FungsinyaGeotextile merupakan suatu material yang digunakan untuk memperkuatan tanah dengan biaya yang tidak mahal. Geotextile adalah sebuah lembaran sintesis bentuknya tipis, permeable, fleksibel untuk dipergunakan sebagai alat stabilisasi dan perbaikan tanah.

Fungsi Geotextile

Mengenal geotextile dan fungsinya
Mengenal geotextile dan fungsinya

Ada beberapa fungsi geotextile yang berkaitan dengan stabilisasi dan perbaikan tanah. berikut ini beberapa fungsi dari geotekstil yaitu:

  1. Memperkuat tanah yang lunak.
  2. Mendukung  beban besar seperti dinding penahan tanah dan jalan rel.
  3. Memisah, menyaring, dan sebagai lapisan pelindung.

Jenis-jenis Geotextile

1. Geotextile Woven

Geotextile woven merupakan jenis Geotextile teranyam terbuat dari bahan dasar Polypropilene. Geotextile ini terbuat dari bahan sintetik sehingga mempermudah dalam pengaplikasiannya.

Geotextile jenis woven ini berfungsi sebagai bahan stabilisasi tanah dasar yang lunak agar permukaannya tidak mudah turun dan mudah untuk dilapisi.

2. Geotextile Non Woven

Geotextile jenis Non Woven merupakan Filter Fabric yang tidak teranyam, geotextile ini berbentuk seperti karpet kain. Bahan dasar yang digunakan yaitu polimer Polyesther atau Polypropylene.

Penyaring Geo textile Non Woven bermanfaat untuk mencegah terbawanya partikel tanah pada aliran air. Geotekstile Non Woven bersifat permeable (tembus air) oleh karena itu air dapat melewati Geotekstile dan partikel tanah dapat tersaring.

Aplikasi Geotextile Non Woven biasanya digunakan sebagai aplikasi filtrasi pada proyek drainase bawah tanah.

Aplikasi Separator / Pemisah

Bahan geo textile non woven digunakan sebagai aplikasi pemisah agar mencegah tercampurnya material yang satu dengan material yang lain. Seperti penggunaan Geotekstile pada proyek pembangunan jalan di atas tanah yang dasarnya lunak. Pada proyek tersebut, Geotextile berguna untuk mencegah naiknya lumpur ke sistem perkerasan. Supaya tidak terjadi pumping effect yang akan merusak perkerasan jalan yang sudah terbentuk. Keberadaan Geotextile dapat mempermudah proses pemadatan sistem pengerasan.

Aplikasi Stabilisator

Manfaat Geotextile biasa disebut sebagai Reinforcement / Perkuatan. Contohnya dipakai untuk proyek timbunan tanah, penguatan lereng agar tidak longsor dll. Fungsi tersebut masih dijadikan perdebatan dikalangan ahli geoteknik, karena Geotextile metode kerjanya menggunakan membrane effect yang hanya mengandalkan tensile strength (kuat tarik) sehingga kemungkinan terjadinya penurunan pada timbunan setempat masih besar, dan geotextile kekuatannya kurang karena bahan geotekstile memiliki sifat mudah mulur bila terkena air (terjadi reaksi hidrolisis) hal tersebut rawan untuk bahan penguatan lereng.

Fungsi Geotextile lainnya yaitu sebagai pengganti karung goni pada proses curing beton. Karena dapat mencegah terjadinya retak saat proses pengeringan beton baru.

Anda bisa dapatkan harga geotextile terbaik untuk pekerjaan konstruksi yang anda kerjakan di CV. PASTI JAYA, CV tersebut jual geotextile dengan harga grosir. Berikut ini informasi mengenai CV.PASTI JAYA.

  • Kantor Pusat : Kompleks Ruko Emerald Green BSB Blok D-9 BSB City, Semarang
  • Telp. ( 024) 76431810
  • Kantor Cabang :
  • Jl. Matraman No. 68 Rt. 05 Rw. 50 Gondangan, Maguwoharjo, Depok, Sleman -Yogyakarta
  • Telp. 0274-2800494
Jangan lupa share artikel ini ke media sosial Anda & baca artikel menarik lainnya di “Google News”.
Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.