Bus Otomatis Pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City

Bus Otomatis di BSD City

Autonomous Vehicle – Selamat datang di The Breeze, BSD City! Kota ini sangat terkenal dengan kehadiran Bus Otomatis pertama di Indonesia. Dengan Bus Otomatis di The Breeze, para wisatawan dan penduduk setempat dapat menikmati pengalaman berkeliling yang nyaman dan aman.

Kendaraan ini menggunakan teknologi terbaru yang membuatnya sangat mudah digunakan. Selain itu, Bus Otomatis di The Breeze juga memiliki berbagai fitur keselamatan yang membuat para penggunanya merasa aman dan nyaman.

Bus Otomatis ini juga memiliki banyak pilihan rute, sehingga para pengguna dapat menikmati pengalaman berkeliling yang lebih menyenangkan. Jadi, jika Anda ingin menikmati pengalaman berkeliling di The Breeze, BSD City dengan aman dan nyaman, Bus Otomatis adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Mengenal Bus Otomatis pertama di Indonesia (Autonomous Vehicle)

Bus-Otomatis-Autonomous-Vehicle-Indonesia
Bus Otomatis-Autonomous Vehicle Indonesia

Bus otomatis pertama di Indonesia dibangun di BSD City pada tahun 2017. Inovasi teknologi modern ini dibangun untuk menjawab tantangan transportasi masa kini dan menggunakan teknologi tingkat lanjut yang disebut Autonomous Vehicle Technology (AVT), yang memungkinkannya untuk beroperasi secara otomatis tanpa adanya pengemudi.

Bus dapat mencapai kecepatan maksimum 30 km/jam dan mampu mengangkut hingga 18 penumpang, juga dilengkapi dengan berbagai fitur modern, seperti kamera CCTV, sistem navigasi, sistem pengawasan dan lain sebagainya.

Autonomous Vehicle ini juga dilengkapi dengan sebuah mesin listrik yang tidak menghasilkan emisi gas buang. Mesin ini juga dapat menghemat bahan bakar. Dengan demikian, bus dapat menjadi solusi transportasi ramah lingkungan di masa depan.

Keuntungan dari Bus Otomatis: Lebih Cepat, Lebih Efisien

Di Indonesia, bus otomatis menawarkan berbagai keuntungan kepada penggunanya. Pertama, kendaraan ini lebih cepat dibandingkan dengan bus konvensional. Karena tidak ada pengemudi, penumpang dapat mencapai tempat tujuan mereka dengan lebih cepat.

Selain itu, kendaraan ini juga lebih efisien dari sisi biaya. Terutama di kota-kota besar, bus otomatis mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Ini juga berarti bahwa bus otomatis mengurangi beban pada persediaan energi negara, sehingga menurunkan biaya transportasi.

Kendaraan ini juga memberikan kenyamanan tambahan bagi penggunanya. Kendaraan ini dilengkapi dengan sistem navigasi yang memungkinkan penumpang untuk mengikuti perjalanan mereka dengan lebih mudah. Ini juga menyediakan informasi tentang lokasi bus yang tersedia dan tujuan yang dapat dicapai.

Dengan berbagai manfaatnya, bus otomatis menawarkan pengalaman yang lebih cepat, efisien dan nyaman bagi penggunanya. Ini telah meningkatkan kualitas transportasi di Indonesia dan membantu membuat perjalanan lebih mudah dan lebih aman bagi semua orang.

Bagaimana Sistem Bus Otomatis Bekerja?

Autonomous Vehicle
Autonomous Vehicle

Sistem Bus Otomatis menggunakan sensor canggih dan teknologi navigasi untuk memastikan bahwa bus dapat secara otomatis mengikuti rute yang telah ditentukan. Bus juga dilengkapi dengan layar sentuh yang memungkinkan penumpang untuk mengecek rute yang tersedia. Sistem ini juga menyediakan informasi yang kaya tentang tarif, jadwal, dan lokasi terdekat.

Di bawah ini adalah bagaimana sistem Bus Otomatis bekerja:

1. Menggunakan sensor canggih yang dapat mengikuti rute yang telah ditentukan. Sensor ini juga dapat mendeteksi penghalang dan memastikan bahwa bus bergerak dengan cepat dan aman.

2. Layar sentuh di bus memberikan informasi tentang rute, jadwal, dan lokasi terdekat. Penumpang juga dapat membayar tiket melalui layar sentuh ini.

3. Bus dapat berhenti di lokasi yang ditentukan dan menurunkan penumpang. Penumpang juga dapat menekan tombol berhenti untuk meminta bus untuk berhenti.

4. Setelah bus menurunkan penumpang, bus akan melanjutkan rute yang telah ditentukan.

Sistem Bus Otomatis dapat membuat pengalaman berkeliling kota lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman. Inovasi ini membantu kota mencapai tujuannya untuk menyediakan transportasi yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Bus tanpa awak ini memiliki penggerak listrik dan baterai berkapasitas 33 kWh yang mampu bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik modern ini berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.

Bus otomatis dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

  • AV baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, yang merupakan official side event dari G20, yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 – 16 Nov 2022
  • Autonomous Vehicle sekarang ada di Green Office Park, BSD City
  • Kita bisa mencoba AV, naiknya dari Lobby Utama The Breeze. Cara nya hanya memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile.
  • AV dapat di coba sampai tgl 21 December 2022, kemudian AV akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tgl 22 Dec 2022 sampai 04 Jan 2023

Bagaimana Manfaat Bus Otomatis Bagi Penduduk di BSD City?

Penduduk di BSD City memperoleh banyak manfaat dari Bus Otomatis. Pertama, Membuat transportasi di BSD City lebih mudah dan lebih nyaman. Bus ini dapat membawa penumpang ke seluruh wilayah BSD City dengan efisiensi dan cepat. Selain itu, bus ini juga memiliki fitur-fitur canggih seperti AC, Wi-Fi, dan CCTV, yang membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Kedua, Membuat perjalanan lebih aman dan ramah lingkungan. Bus otomatis ini menggunakan tenaga listrik sehingga mengurangi emisi polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor. Selain itu, bus ini juga dapat beroperasi secara otomatis tanpa adanya pengemudi, yang berarti akan lebih aman bagi penumpang.

Ketiga, Bus Otomatis membuat perjalanan lebih murah. Bus ini hanya memerlukan biaya yang kecil untuk beroperasi dan tidak memerlukan biaya tambahan seperti yang dibutuhkan oleh kendaraan bermotor, sehingga memungkinkan penduduk BSD City untuk menghemat uang mereka.

Manfaat Bus Otomatis untuk penduduk di BSD City tidak terhitung. Dengan mengintegrasikan teknologi canggih dan mengurangi polusi, kendaraan ini membuat transportasi di BSD City lebih mudah, aman, dan lebih ramah lingkungan.

Bus Otomatis pertama di Indonesia ini merupakan salah satu proyek transportasi terbesar di BSD City. Kendaraan ini menawarkan solusi transportasi yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan. Bus ini dapat mengurangi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di kota-kota besar. Selain itu juga diharapkan mampu memberikan layanan transportasi yang lebih baik dan efisien bagi masyarakat.

Itu tadi informasi mengenai “Bus Otomatis Pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City”. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat dan silahkan berkunjung ke “Google News” untuk membaca artikel-artikel terbaru kami lainnya.

Baca Juga:

Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat dan apabila ada waktu silahkan berkunjung ke “Google News” untuk membaca artikel-artikel terbaru kami lainnya.
Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.