3 Cara Membuat Menu Mpasi Yang Sehat

Menu MPASI 6 bulan

Menu MPASI – Memiliki buah hati memanglah menyenangkan, akan ada suka dan duka yang akan dialami. Mulai dari dalam janin, melahirkan, masa Mpasi sampai dengan berjalan dan berbicara. Tentu hal-hal tersebut akan berjalan secara cepat dan tak terasa.

Cara Membuat Menu Mpasi Yang Sehat

Akan banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satu yang penting yaitu dengan usia bayi 6 bulan. Bayi usia 6 bulan tentu sudah bisa diberikan makanan selain susu.

Menu MPASI 6 bulan
Menu MPASI 6 bulan

Hal ini bisa disebut MPasi atau Makanan Pendamping Asi, mpasi sendiri akan berperan penting dalam memberikan protein, karbohidrat dan vitamin lainnya. Berikut cara membuat Menu MPASI 6 bulan :

  1. Puree Pisang dan Alpukat

    Buah-buahan seperti pisang, pepaya dan alpukat bisa dipilih untuk mengenalkan MPASI hari pertama si kecil. Untuk mengenalkannya di hari-hari awal, kamu bisa memilih puree buah.

    Buah pisang mengandung serat, karbohidrat dan juga kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Sedangkan buah alpukat mengandung vitamin E. Ini cara membuatnya:

    Bahan :
    1 buah pisang ambon matang
    1/2 buah alpukat
    ASI secukupnya

Cara Membuat :
Kupas buah pisang dan keruk bagian dalam alpukat.
Blender atau haluskan masing-masing buah.
Tambahkan ASI dan campur rata.
Saring dan sajikan untuk si kecil.

  1. Puree Kabocha, Wortel dan Bayam

    Untuk pengenalan awal kamu juga bisa pilih sayur-sayuran. Salah satunya adalah kabocha (labu parang) yang mengandung vitamin A, Wortel yang mengandung betakaroten dan vitamin A serta bayam yang mengandung zat besi.Bahan :
    10 lembar daun bayam
    25 gram kabocha
    10 gram wortel

Cara Membuat :
Kukus kabocha, wortel dan bayam hingga empuk.
Haluskan ketiga bahan ini dengan blender atau alat tumbuk.
Saring dan sajikan.

  1. Puree Jagung Manis, Tahu dan Telur

    Jagung manis bisa jadi sumber karbohidrat sekaligus serat. Sedangkan telur jadi sumber protein hewani dan telur protein nabati. Ketiganya bisa jadi makanan enak untuk si kecil.

    Bahan :
    30 gr jagung manis pipil
    15 gram tahu putih
    25 gram telur
    1 siung bawang putih

Cara Membuat :
Rebus telur sampai matang, kupas dan sisihkan (ambil 25 gram)
Kukus jagung manis pipil dan juga tahu.
Tumis bawang putih dan campurkan jagung manis, tahu dan telur
Blender hingga halus dan saring.
Sajikan.

Sebagai orang tua tentu akan memberikan yang terbaik untuk buah hati, bunda bisa membuat menu mpasi bayi 6 bulan lainnya. Biasanya bayi yang memasuki usia MPASI pada sistem pencernaannya akan berbeda. Akan sedikit lebih keras dan berbeda dari biasanya, hal ini disebabkan karena pada usia 0-5bulan bayi hanya diperbolehkan mengkonsumsi susu.

Bunda tidak perlu khawatir tentang bentuk buang air besar bayi yang tidak seperti biasanya. Salah satu cara agar hal yang tidak diinginkan pada bayi seperti bentuk pup yang keras, bunda bisa menggunakan popok yang kuat dan anti bocor seperti Merries.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.