Jangan Khawatir, Ini Dia Tips untuk Menghemat Listrik di Perkantoran

Menghemat listrik di perkantoran– Di zaman yang sudah serba modern saat ini, listrik adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh orang-orang, baik itu perusahaan maupun perumahan. Pasalnya, hampir semua kebutuhan dan aktivitas kita saat ini berhubungan dengan listrik. Contoh saja, bagi perusahaan, operasional industri mereka kebanyakan menggunakan alat teknologi yang harus tersambung dengan listrik, seperti komputer, AC, dan lain-lain. Tanpa adanya listrik, otomatis perusahaan tidak bisa menjalankan operasional bisnisnya.

Akan tetapi, terkadang kita merasa sangat boros dalam pemakaian listrik. Terlebih, bagi perusahaan yang memang kebutuhan listriknya sangat banyak dari gedung ke gedung perkantoran. Masalah ini tentu sangat merepotkan bagi para pengguna listrik, mengingat mereka harus membayar tagihan yang cukup besar jika harus menggunakan daya listrik yang besar.

Di dalam proses industri, efisiensi listrik menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik. Sebab, hal ini akan berpengaruh terhadap banyak aspek perusahaan, termasuk potensi keuntungan yang akan didapatkan nanti.

Nah, untuk mensiasati hal tersebut, sebaiknya kamu lakukan langkah-langkah di bawah ini demi penghemat listrik untuk gedung perkantoran ataupun pabrik.

Cara menghemat listrik di perkantoran

Menghemat listrik di perkantoran diperlukan kerjasama yang solid antara pimpinan dan karyawan, karena meskipun listrik dianggap hal sepele, ternyata dapat berakibat pembengkaan pengeluaran perusahaan.

Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama atau bahkan perlu dibuatkan aturan untuk mendisiplinkan semua rekan kerja agar menggunakan listrik dengan tepat.

Beberapa hal yang biasanya tak terfikirkan oleh kebanyaan orang yang ternyata boros terhadap pemakaian listrik adalah hal-hal berikut:

  • Lupa mematikan perangkat elektronik setelah kerja,
  • Lupa mematikan TV, dll

Selain itu, menghemat listrik di perkantoran juga dapat dengan melakukan hal-hal berikut:

Mengecek unit operasional yang boros listrik

Menghemat listrik di perkantoran

Terkadang, unit operasional di sektor industri akan mengalami pemborosan listrik apabila dinyalakan secara terus-menerus.

Padahal, belum tentu komponen operasional tersebut pasti digunakan sepanjang waktu. Oleh karena itu, kamu harus mengecek unit operasional yang paling berisiko menimbulkan boros listrik secara berkala.

Pastikan bahwa unit tersebut segera dinonaktifkan jika dirasa sedang tidak dipakai.

Melatih kedisiplinan para pekerja

Selain mengecek unit operasional, penting juga untuk melatih kedisiplinan para pekerja dalam menggunakan listrik.

Pasalnya tidak jarang ditemukan pekerja yang lupa mematikan unit operasional setelah dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan.

Jangan khawatir, selain cara-cara di atas, kamu juga bisa berkonsultasi mengenai cara menghemat listrik di perkantoran yang baik melalui Sewatama. Sebagai perusahaan yang telah memiliki pengalaman lebih dari 27 tahun, Sewatama sangat andal dalam menangani masalah kelistrikan.

Intip situs resminya https://sewatama.com/id/ untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.