Apa Itu Payment? Ini Arti, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Apa Itu Payment? Ini Arti, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Apa Itu Payment? Ini Arti, Jenis, Manfaat dan Contohnya– Di masa sekarang ini aktivitas jual beli atau belanja sudah sangat berbeda dibanding sepuluh tahun yang lalu. Perubahan ini akibat dari perkembangan teknologi yang begitu cepat.

Salah satu dampak positif dari penggunaan teknologi dalam dunia perdagangan adalah adanya sistem pembayaran secara digital atau biasa disebut dengan digital payment.

Adanya digital payment ini membuat pedagang maupun pembeli memperoleh banyak keuntungan di setiap transaksi yang dilakukan, diantaranya adalah hemat waktu, tidak bingung lagi dengan uang kembalian dll.

Apa itu Payment System

Apa Itu Payment? Ini Arti, Jenis, Manfaat dan Contohnya
Apa Itu Payment? Ini Arti, Jenis, Manfaat dan Contohnya

Meskipun digital payment sudah banyak ditemui di Mall dan toko-toko modern saat ini, tak sedikit juga orang yang masih belum tahu apa sebenarnya digital payment itu. Nah, untuk menambah wawasan, berikut ini arti payment yang perlu di fahami.

Payment adalah suatu sistem pembayaran yang dilakukan dalam sebuah transaksi baik secara tunai maupun non-tunai. Sistem pembayaran yang menggunakan uang tunai disebut cash payment sedangkan sistem pembayaran yang menggunakan uang non-tunai disebut dengan digital payment.

Seiriing dengan perkembangan teknologi, sistem pembayaran digital kini semakin diminati, karena pelangan hanya butuh ponsel pintar yang sudah terhubung dengan dompet digital atau e-banking saat melakukan transaksi.

Jenis-jenis Payment System

Di Indonesia sudah banyak sistem pembayaran yang diterima dan diakui sebagai pembayaran yang sah sebagai pengganti uang cash. Berikut ini Jenis-jenis pembayaran yang diterima di Indonesia.

1. Tunai

Sistem pembayaran tunai atau cash ini adalah jenis pembayaran konvensional yang sampai saat ini paling sering digunakan oleh masyarakat. Uang tunai tidak membutuhkan koneksi internet saat transaksi oleh karena itu sistem pembayaran ini bisa diterima dimana saja.

Namun, sistem pembayaran ini memiliki kekurangan jika transaksi dalam jumlah besar membutuhkan waktu lama untuk menghitung jumlah uang dan kemungkinan terjadi kesalahan hitung juga bisa terjadi.

2. Kartu debit/kredit

Sistem pembayaran yang kedua adalah kartu debit/kredit, sistem pembayaran ini memudahkan setiap transaksi yang dilakukan, sebab pengguna tidak perlu lagi membawa uang tunai ke mana pun.

Kartu debit/kredit sudah dilengkapi sistem keamanan yang baik sehingga pengguna kartu tersebut tidak perlu khawatir saat melakukan transaksi selama dilakukan sesuai prosedur keamanan.

3. Digital Payment

Digital payment atau online payment ini juga sering disebut sebagai e-payment. iSistem pembayaran ini memanfaat jaringan internet saat melakukan transaksi digital.

Pembayaran secara digital memiliki keunggulan yang banyak menguntungkan pengguna, salah satunya adalah pembayaran bisa dilakukan secara cepat, praktis dan aman.

4. Virtual Account

Sistem pembayaran jenis Virtual Account ini memungkinkan bank untuk membuatkan satu ID unik pada pengguna yang khusus digunakan untuk satu transaksi atau pelanggan tertentu.

Pembeli hanya dapat melakukan pembayaran dengan tertuju ke akun virtual. Penjual yang memiliki akun virtual account akan langsung menerima informasi pembayaran tanpa perlu melakukan konfirmasi ulang.

5. QRIS

Sistem pembayaran QRIS merupakan sistem pembayaran baru di Indonesia. QRIS  diambil dari singkatan kata Quick Response Code Indonesian Standard. Penggunaan pembayaran QRIS dapat dilakukan dengan cukup memindai kode QR yang tersedia di kasir, kemudian penggunan memasukkan nominal sesuai biaya yang dibayarkan.

Pembayaran QRIS juga mempermudah pedagang saat transaksi karena pedagang tidak perlu menyediakan banyak kode QR, selain itu pembayaran dari pembeli bisa langsung diperiksa setelah menerima notifikasi pembayaran.

Manfaat Digital Payment

Pembayaran secara digital sekarang ini sudah hampir merata di seluruh Indonesia, utamanya di perkotaan. Namun, juga banyak ditemui juga penerapan pembayaran digital ini di daerah pinggiran dan pelosok. Hal ini karena perkembangan teknologi sudah merata, akses internet bisa didapat dimana saja. Tak heran jika banyak pengguna digital payment.

Banyaknya pengguna digital payment ini bukan tanpa alasan, pengguna semakin banyak karena memang maanfaat digital payment telah memudahkan pengguna saat melakukan transaksi, diantaranya adalah:

  • Praktis
  • Cepat dan
  • Aman.

Contoh penerapan digital payment bisa ditemui saat pengguna melakukan transaksi di marketplace seperti shoope, tokopedia, lazada, blibli dll.

Itu tadi informasi mengenai  “Apa Itu Payment? Ini Arti, Jenis, Manfaat dan Contohnya”. Jangan lupa share posting ini jika bermanfaat dan silahkan berkunjung ke “Google News” untuk membaca artikel-artikel terbaru kami lainnya.

Baca Juga:

Jangan lupa share artikel ini ke media sosial Anda & baca artikel menarik lainnya di “Google News”.
Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.