Ketahui Berapa Biaya Ganti Plat Mobil? Bisa Urus Sendiri!

Ketahui Berapa Biaya Ganti Plat Mobil? Anda Bisa Urus Sendiri !

Berapa biaya ganti plat mobil harus diketahui dan disiapkan tiap 5 tahun sekali. Identitas kendaraan ini akan dipasang di depan dan belakang mobil Anda. Hal terpenting dari plat mobil berkaitan dengan kebutuhan bayar pajak. Anda tidak perlu bingung atau pusing mencari calo, sebenarnya biayanya tidak mahal dan bisa dilakukan sendiri.

Berapa Biaya Ganti Plat Mobil dan Persyaratannya 

Ketahui Berapa Biaya Ganti Plat Mobil? Anda Bisa Urus Sendiri !
Ketahui Berapa Biaya Ganti Plat Mobil? Anda Bisa Urus Sendiri !

Kalau Anda sudah mengetahui syarat dan juga tata caranya. Tentu akan memilih melakukan pergantian plat mobil sendiri, alih – alih meminta bantuan jasa calo yang belum tentu dapat melakukanya sampai tuntas. Berikut adalah perkiraan berapa biaya ganti plat mobil yang Anda harus keluarkan, syarat dan cara melakukannya.

1. Syarat Ganti Plat Nomor Mobil

Pengeluaran yang terbilang kecil adalah biaya fotocopy untuk melengkapi semua persyaratan. Berkas yang perlu disiapkan di antaranya termasuk :

  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) asli dan fotokopi.
  • KTP asli dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi.

Agar proses lancar dan tidak ada kendala, Anda perlu memastikan nama yang tertera pada KTP dan STNK, sama dan tidak ada perbedaan. Semua berkas tersebut perlu difotokopi dan juga dibawa aslinya untuk keperluan verifikasi. Anda perlu teliti memastikan semua berkas dibawa sehingga ketika mengurus plat mobil tidak harus balik ke rumah karena ada syarat berkas yang terlupa.

2. Prosedur Ganti Plat Mobil

Setelah persyaratan semua siap, berikut adalah prosedur ganti plat mobil yang perlu pemilik lakukan per 5 tahun sekali. Anda akan mendapat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) baru sebagai ganti yang lama. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sehingga sesuai dengan berapa biaya ganti plat mobil yang perlu dikeluarkan tanpa harus membayar calo.

Pertama adalah melakukan pendaftaran melalui Samsat terdekat berdasarkan domisili tempat tinggal yang tercantum pada KTP. Anda perlu menyerahkan foto copy seluruh berkas yang dibutuhkan.karena baru mendaftar, tidak perlu menyerahkan data asli.

Kedua adalah memeriksa fisik kendaraan beserta kertas gesek sebagai media pengecekan nomor rangka mesin kendaraan. Prosesi tersebut dilakukan didampingi dengan petugas untuk memeriksa gesek nomor rangka mesin untuk kendaraan yang akan diganti platnya.

Langkah ketiga adalah menyerahkan bukti pemeriksaan fisik melalui loket legalisir di kantor Samsat. Jika semua persyaratan sudah lengkap, pemilik kendaraan mobil akan mendapatkan formulir untuk menuliskan data mobil beserta pemilik kendaraan yang bersangkutan. Sampai proses ini, belum ada biaya yang harus dikeluarkan.

3. Pembayaran 

Anda perlu tahu berapa biaya ganti plat mobil agar dapat mempersiapkannya tip per lima tahun sekali. Anda memiliki waktu cukup lama untuk mempersiapkannya sehingga tidak perlu mendadak butuh uang dalam jumlah besar.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 yang membahas Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. Biaya penggantian plat mobil sekitar Rp 100.000.

Selain itu, biaya penerbitan STNK mobil ada di kisaran Rp200.000. Jadi, total biaya yang perlu dikeluarkan adalah sebesar Rp300.000 untuk ganti plat mobil dan memperbarui STNK. Kalau ada keterlambatan, tentu Anda perlu membayar denda dengan hitungan berdasarkan berapa lama Anda telatnya.

Anda juga perlu mempersiapkan uang lebih bila ditagih untuk biaya tambahan yang tak terduga. Hal seperti pembayaran SWDKLLJ untuk jaminan korban kecelakaan, dan berbagai biaya lainnya.

Demikianlah semua biaya ganti plat mobil yang perlu pemilik mobil ketahui kalau ingin jawaban untuk berapa biaya ganti plat mobil. Anda bisa melihat bagian ini https://duitpintar.com/biaya-asuransi-mobil-per-tahun untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Anda dapat  ganti plat mobil sendiri tanpa kesulitan dengan mengikuti penjabaran yang telah dikemukakan di atas. Selalu ingat untuk mengurus pajak tepat waktu agar tidak terbebani biaya lagi. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Di sana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.