Cara Bermain Sepak Bola dan Peraturannya Lengkap

Cara-bermain-sepak-bola-dan-peraturannya-lengkap

Sudah tahukah kamu Cara Bermain Sepak Bola dan Peraturannya Lengkap? Yuk, simak artikel ini selengkapnya, biar kamu tahu bagaimana Cara Bermain Sepak Bola dan memahami Peraturannya Lengkap.

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga bola besar yang paling populer di dunia. Sepak bola dimainkan oleh 2 tim, yang masing-masing terdiri dari 11 pemain. Semua pemain di dalam tim sepak bola mempunyai posisi masing-masing, dari mulai penjaga gawang, pemain bertahan, pemain tengah, dan pemain penyerang.

Pemenang dari pertandingan sepak bola dihitung dari jumlah gol yang berhasil dicetak oleh masing-masing tim, yang paling banyak itulah pemenangnya, jika seri akan diberikan tambahan waktu, hingga adu penalti. Berikut penjelasan cara bermain sepak bola dan peraturannya.

Cara Bermain Sepak Bola dan Peraturannya Lengkap

Cara-bermain-sepak-bola-dan-peraturannya-lengkap
Cara-bermain-sepak-bola-dan-peraturannya-lengkap

Cara Bermain Sepak Bola

Ada banyak cara bermain sepak bola agar mendapatkan banyak gol, salah satunya adalah memahami teknik bermain sepak bola yang baik dan benar, berikut penjelasan singkatnya.

  1. Shooting

Sepak bola merupakan permainan yang lebih banyak menggunakan kaki, salah satu teknik dasar yang digunakan adalah shooting atau menendang bola. Dengan shooting, kamu bisa mencetak gol ke gawang lawan namun harus memperhatikan kecepatan dan akurasi bola.

  1. Dribbling

Dribbling merupakan teknik yang penting juga, karena dengan dribbling kamu bisa mengontrol bola agar bola dapat mengalir dengan tujuan mendekat ke daerah lawan.

  1. Heading

Heading atau menyundul bola adalah teknik dasar yang digunakan untuk menggapai bola yang lebih tinggi dibanding posisi pemain, kamu juga bisa melompat untuk melakukan heading. Heading juga ampuh untuk mencetak gol, dengan cara pemain sayap harus mengumpan lambung kepada pemain penyerang.

  1. Throw In

Throw In merupakan teknik melempar bola ke dalam lapangan permainan ketika bola sudah keluar atau out. Untuk melakukan throw in kamu harus menggunakan kedua tangan untuk memberikan bola kepada teman.

  1. Goalkeeping

Penjaga gawang merupakan pemain yang sangat penting di dalam tim sepak bola, karena mempunyai tugas untuk menghalau bola yang mau masuk ke dalam gawang. Semua penjaga gawang pastinya harus mempunyai skill goalkeeping.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Setelah mengetahui teknik dasar cara bermain sepak bola, sekarang kami akan membahas peraturan permainan sepak bola yang sangat penting untuk diketahui, peraturan-peraturan berikut dirangkum dari FIFA Laws of the Game.

  1. Durasi Permainan

Durasi permainan sepak bola dibagi menjadi 2 babak, babak pertama dan kedua berdurasi 45 menit, sehingga total durasi permainan adalah 90 menit. Diantara kedua babak tersebut juga ada tambahan waktu yang disebabkan oleh beberapa hal yang menghambat permainan, seperti pelangaran contohnya.

  1. Ukuran Lapangan

Ukuran lapangan, seperti panjang dan lebar, garis penalti, lebar dan tinggi gawang semua harus dipatuhi oleh pertandingan sepak bola sesuai dengan ketentuan FIFA.

  1. Jenis Pelanggaran

Jenis pelanggaran juga terbagi menjadi beberapa jenis. Pelanggaran yang dilakukan di dalam kotak penalti akan diberikan tendangan penalti, sedangkan pelanggaran di luar kotak penalti akan diberikan tendangan bebas. Jika pemain melakukan pelanggaran yang ringan akan diberikan kartu kuning, jika pelanggaran berat akan diberikan kartu merah dan dikeluarkan dari lapangan pertandingan.

  1. Jumlah Pemain

Jumlah pemain dari satu tim adalah 11 orang dengan pemain cadangan sebanyak 5 orang. Masing-masing tim boleh melakukan pergantian pemain sebanyak 3 kali. Namun, di beberapa pertandingan ada juga yang sampai 7 pemain, karena sesuai dengan peraturan yang telah disepakati sebelumnya.

Sekian penjelasan cara bermain bola dan peraturannya, semua teknik dan peraturan pada permainan sepak bola tersebut harus diketahui oleh semua pemain dan perangkat tim.

Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.