7 Cara Bermain Sepak Bola singkat

Cara Bermain Sepak Bola singkat

Bagi pemula, mempelajari cara bermain sepak bola singkat adalah langkah tepat yang bisa diambil. Meskipun,  jika dilihat sekilas bermain sepak bola terlihat mudah dengan hanya menendang bola ke arah gawang lawan. Namun, Ini akan menjadi susah bagi pemula untuk dapat menendang bola ke arah lawan hingga mencetak gol.

Apalagi jika pemula dihadapkan dengan berbagai lawan yang kemampuan menggiring bola sudah mahir, bisa jadi pemain sepak bola pemula tidak mendapatkan bola sama sekali dan pada akhirnya hanya akan mondar-mandir di lapangan.

Dibilang lucu tapi tidak sedang melawak, jadi serba repot nantinya. Mungkin dari sisi tim akan kecewa kepada pemain pemula itu.

Nah, apabila kamu di posisi pemain pemula, ini adalah langkah tepat buatmu untuk segera mempelajari Cara Bermain Sepak Bola Singkat agar kamu bisa menempatkan posisimu di lapangan dan harapannya dapat juga bermain dengan baik saat bekerjasama dengan tim.

Baca Juga: Tips Turunkan Berat Badan dengan Air Putih

Cara Bermain Sepak bola Singkat

Memasukkan bola ke arah gawang lawan tidak hanya cukup menendang bola saja namun seorang pemain harus mengikuti peraturan permainan sepak bola.

Cara Bermain Sepak Bola singkat
Cara Bermain Sepak Bola singkat

Dalam permainan sepak bola setiap grup terdiri dari 11 pemain, dengan 1 penjaga gawang. Umumnya formasi pada permainan sepak bola digambarkan dengan jumlah defender, gelandang, sayap dan penyerang.

Adapun formasi yang umum adalah 4-4-2, yang artinya ada 4 pemain belakang, 4 gelandang dan 2 striker. Tak jarang juga tim sepak bola menggunakan formasi 4-2-3-1 yang berarti 4 pemain bertahan, 2 pemain gelandang bertahan, 3 pemain gelandang serang, dan 1 pemain sebagai striker.

Baca Juga: Perbedaan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS Kesehatan

Cara Bermain Sepak Bola untuk Pemula

Cara bermain sepak bola yang Misteruddin tulis di sini adalah cara bermain sepak bola untuk pemula yang meliputi pengetahuan umum dan teknik dasar bermain bola. Untuk detail penjelasannya silahkan cermati tulisan di bawah ini.

  1.  Pada permainan bola sepak atau biasa disebut dengan sepak bola, masing-masing tim harus memiliki minimal 11 pemain termasuk 1 penjaga gawang dan juga memiliki minimal 7 pemain lainnya untuk membentuk line up pertandingan.
  2. Pertandingan sepak bola berlangsung selama 90 menit yang terbagi menjadi dua bagian, masing-masing bagian terdiri dari 45 menit dengan periode istirahat 15 menit.
  3. Agar pertandingan berjalan fair makan pada setiap pertandingan sepak bola harus menyertakan 1 wasit dan 2 asisten wasit (hakim garis). Tugas dari pada wasit yaitu bertindak sebagai penjaga waktu dan membuat keputusan mutlak seperti mengenai pelanggaran, tendangan bebas, lemparan ke dalam, penalti, dan waktu tambahan setiap akhir babak. Sementara itu tugas dari asisten wasit yaitu mengamati pemain dan memastikan jika ada pemain offside dalam pertandingan, ada pemain yang akan melakukan lemparan ke dalam dan membantu wasit utama pada semua proses pengambilan keputusan apabila diperlukan.
  4. Permainan sepak bola akan dimulai ketika wasit sedang meniupkan peluit tanda kick off.
  5. Semua pemain sepak bola dari kedua kubu menempatkan posisi di tengah lapangan kemudian kapten kedua kubu melakukan lemparan koin, tujuannya untuk menentukan siapa yang menendang bola terlebih dahulu.
  6. Setelah pemain menendang bola maka pemain menggiring bola ke arah gawang lawan untuk menciptakan gol.
  7. Apabila bola berhasil memasuki gawang lawan atau mencetak “gol” maka semua pemain sepak bola segera kembali pada formasi awal, yaitu berada di tengah lapangan. Bagi tim pencetak gol berhak untuk melakukan tendangan awal.

Baca Juga: Kandungan pH 8+ Penyebab Air Alkali Berkhasiat untuk Kesehatan

Istilah Dasar dan Teknik Sepak bola 

Ada beberapa istilah dasar dan teknik dalam dunia sepakbola yang perlu diketahui, apa sajakah itu?

  • Ball Mastery adalah cara untuk mengontrol bola dari lawan.
  • First Touch adalah cara mengontrol bola sesegera mungkin setelah bola tiba.
  • Turning adalah kemampuan untuk mengubah tubuh dengan atau tanpa sepakbola.
  • Dribbling adalah berlari cepat menggunakan kedua kaki dengan menggiring bola ke arah lawan.
  • Ball Striking adalah shooting dan membuat gol gawang lawan dengan menggunakan kaki yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Quick Feet adalah sebuah kecepatan saat kaki bergerak dan menjadi faktor penentu untuk mengalahkan lawan.
  • Oper adalah memberikan bola kepada rekan satu tim.
  • Offside adalah posisi pemain menyerang berada di depan bek terakhir lawan ketika umpan bola dioper kepada penyerang.
  • Kartu kuning adalah sebuah hukuman kepada pemain melakukan pelanggaran ringan.
  • Kartu merah adalah sebuah kartu hukuman berwarna diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran berat kepada lawannya.

Baca Juga: 7+ Akibat Kekurangan Vitamin B Kompleks, Perlu Kamu Tahu!

Bagaimana Cara Memperluas Pengetahuan tentang Sepak Bola?

Sekarang ini mencari informasi sangat mudah sekali, kamu pastinya sudah sering mencari informasi di internet kan? Nah, untuk memperluas pengetahuanmu seputar bola dan mengikuti berita bola terbaru hari ini atau berita bola terkini kamu bisa berkunjung ke situs-situs yang membahas seputar bola seperti gilabola.com.

Dengan sering mengikuti informasi seputar bola secara tidak langsung kamu akan mendapatkan pengetahuan baru yang tak terduga.

Baca Juga: Solusi Kesehatan dalam Genggaman dengan SehatQ.com

Itu tadi informasi mengenai Cara Bermain Sepak Bola singkat yang dapat admin Misteruddin bagikan, apabila ada yang perlu ditambahi silahkan hubungi admin melalui kolom kontak yang tersedia.

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.