5 Cara Bermain Sepak Bola untuk Pemula yang Baik dan Benar

Cara Bermain Sepak Bola Untuk Pemula

Bagaimana Cara Bermain Sepak Bola Untuk Pemula Yang Baik Dan Benar?

Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di Indonesia, dari mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa pastinya menyukai sepak bola. Kepopuleran dunia sepak bola di Indonesia juga ditandai dengan penonton yang selalu membludak ketika pertandingan sepak bola.

Cara Bermain Sepak Bola yang Baik dan Benar

Pastinya kamu pernah melihat anak-anak bermain sepak bola di jalanan, nah sebenarnya itu merupakan cara bermain sepak bola yang salah, karena tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Namun, sebelum kita masuk ke teknik bermain sepak bola yang benar, kamu harus mengetahui terlebih dahulu beberapa peraturan dalam sepak bola yang harus dilakukan.

  • Jumlah pemain dari setiap tim adalah 11 orang, dan ketika permainan sudah dimulai, dan salah satu tim mengalami pengurangan pemain sampai lebih dari 7, maka tim tersebut kalah.
  • Harus mempunyai pemain cadangan.
  • Harus ada wasit yang mengatur jalannya pertandingan.
  • Lama pertandingan adalah 90 menit, yang terdiri dari 2 babak yang masing-masing 45 menit.
  • Lapangan yang harus memiliki ukuran yang telah ditentukan oleh FIFA.
  • Terdapat 2 gawang dengan ukuran sesuai ketentuan FIFA.

Kurang lebih seperti itu peraturan-peraturan yang ada di sepak bola, selanjutnya kita akan masuk ke cara bermain sepak bola untuk pemula.

Cara Bermain Sepak Bola Untuk Pemulav
Cara Bermain Sepak Bola Untuk Pemula
  1. Menggiring Bola

Menggiring bola atau dribbling merupakan teknik dasar dari permainan sepak bola, semua pemain harus bisa melakukan teknik ini. Caranya adalah pemain menguasai bola dan membawanya menggunakan kaki dengan mengontrol kecepatan dan jarak bola antar kaki juga. Ada beberapa tipe dribbling yang harus diketahui, yaitu speed dribbling dan closed dribbling. Ada 3 teknik dalam menggiring bola, yaitu menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, atau punggung kaki.

  1. Mengoper Bola

Mengoper bola atau passing mempunyai tujuan untuk memberikan umpan ke teman agar bola tidak direbut oleh pemain lawan. Teknik ini sangat ampuh untuk menciptakan gol, karena dengan mengoper bola ke teman mempermudah laju bola menuju gawang lawan. Ada 3 jenis operan yang harus kamu kuasai, yaitu passing pendek, passing jauh, dan umpan lambung.

Dalam mengoper bola kamu harus menggunakan insting untuk melakukan jenis operan yang mana, dengan tujuan mengoper bola secara tepat agar tidak terebut oleh pemain lawan. Salah satu teknik mengoper bola yang sangat terkenal adalah tiki taka yang sering dimainkan oleh tim Barcelona.

  1. Menendang Bola

Agar bisa mendapatkan poin, tim kamu harus mencetak gol ke dalam gawang lawan. Teknik yang harus kamu lakukan adalah menendang bola atau shooting. Sama seperti mengoper bola, untuk menendang bola kamu juga bisa menggunakan kaki bagian dalam, luar, atau punggung kaki. Kamu juga harus mengukur arah dan kecepatan bola agar mampu menembus gawang lawan dan kiper tidak mampu menghalaunya.

  1. Menyundul Bola

Menyundul bola atau heading merupakan teknik sepak bola yang bisa digunakan untuk menahan bola maupun mencetak gol. Salah satu pemain Indonesia yang dikenal dengan teknik headingnya yang sangat bagus adalah Cristian Gonzalez. Kamu harus pandai mengatur posisi dan arah kepala agar tepat mengenai bola yang sesuai.

  1. Juggling

Juggling merupakan teknik mengontrol bola yang bisa kamu lakukan untuk menipu pergerakan agar tidak terbaca oleh lawan. Teknik ini ada beberapa cara, namun terkesan sulit dilakukan bagi para pemula, karena butuh latihan dan penguasaan yang baik dan benar.

Itulah 5 cara bermain sepak bola untuk pemula yang baik dan benar. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.