Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola Secara Singkat

Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola Secara Singkat

Siapa yang cita-citanya ingin menjadi pemain bola profesional? Pastinya banyak sekali anak muda Indonesia yang ingin menjadi pemain bola profesional seperti idolanya. Namun, untuk meraih itu semua pastinya ada pengorbanan yang harus dilakukan dan pastinya memerlukan waktu yang tidak sebentar juga.

Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola Secara Singkat?

Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola Secara Singkat
Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola Secara Singkat

Agar kamu bisa bermain sepak bola yang baik dan benar, kamu harus mengetahui teknik-teknik dalam bermain sepak bola, nah berikut ini akan kami jelaskan cara bermain sepak bola secara singkat.

  1. Dribbling

Secara singkat, dribbling merupakan teknik menggiring bola untuk melewati pemain lawan dan mendekati ke daerah lawan. Ada 3 teknik dalam melakukan dribbling yang bisa dilakukan, seperti berikut ini.

  • Menggunakan kaki bagian dalam: Teknik dribbling menggunakan kaki bagian dalam bisa digunakan untuk menggocek pemain lawan, cara untuk melakukannya pertama kamu harus mengarahkan pandangan ke depan, kedua tangan sedikit terbuka, condongkan badan ke depan dan beratkan badan pada kaki yang tidak digunakan.
  • Menggunakan kaki bagian luar: Teknik dribbling yang satu ini sering digunakan oleh pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo. Cara dribbling menggunakan kaki bagian luar pandangan harus mengarah ke depan, tangan sedikit terbuka, pusatkan berat badan ke kaki yang tidak digunakan.
  • Menggunakan punggung kaki: Teknik ini dilakukan ketika kamu sedang menunggu pergerakan dari teman, dan tidak disarankan digunakan untuk menggocek lawan.
  1. Passing

Dalam bermain sepak bola pastinya kamu akan dibantu oleh teman, nah untuk mengoper bola kepada teman, kamu harus menggunakan teknik passing. Sama seperti teknik dribbling, passing juga bisa dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki.

Jenis passing sepak bola pun terbagi lagi menjadi 2, yaitu passing pendek dan passing jauh atau umpan lambung. Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan passing adalah posisi bola, keseimbangan badan, dan area sentuh bola.

  1. Heading

Heading atau menyundul bola merupakan teknik dasar dalam bermain sepak bola yang membutuhkan ketepatan posisi dan waktu ketika ingin menyundul. Berikut cara melakukan heading yang benar.

  • Tegakkan badan dengan kaki yang terbuka selebar bahu
  • Tekuk sedikit kedua lutut
  • Pandangan menuju datangnya bola
  • Dorong badan agar bisa mencapai bola
  • Jika bola terlalu tinggi kamu bisa melompat agar bisa menggapainya
  1. Shooting

Teknik dasar bermain sepak bola yang harus bisa dilakukan oleh semua pemain adalah menendang bola atau shooting. Kamu bisa menggunakan teknik ini untuk mencetak gol atau membuang bola ketika sedang diserang. Berikut cara melakukan shooting yang baik dan benar pada sepak bola.

  • Posisikan badan di belakang bola
  • Kedua tangan harus relaks
  • Kaki yang bukan penendang berada di samping belakang bola
  • Kaki untuk menendang diletakkan persis di belakang bola
  • Ayunkan kaki untuk menendang dengan memutar pergelangan kaki ke arah bagian kaki yang diinginkan, bisa dengan kaki bagian luar, dalam ataupun punggung kaki

Agar tendangan kamu bisa kencang, kamu harus sering latihan untunk mengencangkan otot-otot pada bagian kaki yang kamu gunakan untuk menendang. Pastikan juga kamu mengetahui situasi harus menggunakan kaki bagian yang mana, agar bola tidak melambung jauh dan tepat sasaran.

Itu dia penjelasan cara bermain bola secara singkat, semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi pemain bola profesional di masa depan.

Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.