Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola yang Baik dan Benar

Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola yang Baik dan Benar

Cara Bermain Sepak Bola yang Baik dan Benar – Siapa yang tak kenal dengan salah satu olahraga ini? Olahraga yang kini namanya sedang melambung tinggi dikalangan masyarakat luas terutama bagi para pecinta bola, yap apa lagi kalo bukan olahraga sepak bola.

Sepak bola merupakan sebuah olahraga yang paling banyak peminatnya bagi kalangan siapa saja dan tanpa melihat perbedaan gender. Bahkan kini banyak wanita yang bermain sepak bola baik itu untuk menyalurkan hobi ataupun hanya sekedar menyukai.

Cara Bermain Sepak Bola yang Baik dan Benar

Banyak yang mengatakan bahwa bermain sepak bola itu mudah, bahkan pemula pun dapat memainkannya. Selain itu, mereka beranggapan bahwa bermain sepak bola hanya memasukkan bola ke dalam gawang.

Namun nyatanya bermain sepak bola tidak semudah itu karena harus berhadapan dengan lawan main dan terdapat beberapa peraturan dasar yang harus dipahami. Bermain sepak bola juga memiliki teknik yang harus dipahami agar cara bermainnya baik dan benar

Teknik dan Cara Bermain Sepak Bola

Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola yang Baik dan Benar
Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola yang Baik dan Benar

Sepak bola sendiri terdiri dari 11 pemain yang memiliki tugasnya masing-masing dengan 1 orang sebagai penjaga gawang. Dan semua posisi pilihan sesuai dengan tim yang telah memberikan formasi untuk pemainnya.

Formasi disini digunakan sebagai strategi dalam permainan sepak bola demi memenangkan pertandingan. Formasi ini sering diibaratkan menggunakan jumlah anggota pemainnya, ada yang sebagai sayap, penyerang, gelandang, dan defender.

Dan formasi yang sering digunakan saat bermain sepak bola, yaitu:

  • Formasi 4-4-2

Maksud dari formasi ini adalah formasi yang menggunakan 4 pemain belakang, 4 pemain tengah, dan 2 penyerang. Bisa dikatakan formasi ini digunakan untuk memusatkan dan memfokuskan pemain sayap karena memiliki keunggulan dimana dimensi serangnya akan lebih tajam.

  • Formasi 4-3-3

Formasi ini memiliki keseimbangan yang cukup, baik dalam menyerang maupun bertahan. Formasi ini ketika digunakan saat berada di lapangan cukup fleksibel. Namun, untuk menggunakan formasi ini 1 orang harus lebih fokus di depan gawang lawan serta fokus sebagai penyerang murni.

  • Formasi 5-4-1

Formasi ini dibentuk untuk bertahan dan menggunakan 5 bek dengan strategi serangan balik. Formasi ini lebih menumpukan banyak pemain di tengah dengan tujuan agar pertahanan susah ditembuh oleh tim lawan.

Selain formasi, cara bermain sepak bola juga harus diperhatikan, dengan sebagai berikut.

  1. Dribbling

Dribbling atau yang biasa disebut dengan menggiring bola adalah cara yang digunakan untuk menghindari pemain lawan yang bertahan dalam mencegat bola. Cara ini sukses untuk mendapatkan peluang mencetak gol.

  1. Quick Feet

Quick feet merupakan cara yang digunakan untuk meningkatkan kelincahan dan kecepatan pada kaki dengan mengembangkan gerakan untuk mengolah bola dengan gerakan yang cepat. Apabila menggunakan cara ini pemain harus memperhatikan keseimbangan pada kakinya.

  1. Turning

Turning merupakan cara untuk memutarkan tubuh bersama bola dengan mengubah bola yang ada di kaki serta mengendalikan permainan.

  1. Offside

Merupakan posisi pemain lain yang masih satu tim dan berada pada area lawan saat bola diarahkan kepada dirinya oleh penyerang. Namun, tidak ada pemain lawan setelah dirinya dan penjaga gawang. Area offside sendiri digunakan untuk mencegah pemain yang berada di gawang lawan untuk menunggu umpan.

  1. First Touch

First Touch atau yang biasa disebut dengan sentuhan pertama, sangat penting dalam permainan sepak bola pasalnya pemain pertama yag mendapatkan bola harus mempersiapkan gerakan yang sesuai demi kebaikan bagi timnya.

Itu dia penjelasan cara bermain sepak bola yang baik dan benar, semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.