Cara Cat Dekoratif Dinding

Bagaimana cara cat dekoratif dinding?

Bagaimana cara cat dekoratif dinding? – Pada umumnya orang akan fokus pada perabot rumah saat sedang dekorasi ruangan sampai lupa dengan cat dekorasi dinding. Padahal cat dekorasi dinding juga tidak boleh ketinggalan saat sedang dekorasi ruangan.

Dekorasi dinding dapat memberi nuansa baru jika tahu bagaimana cara cat dekorasi dinding yang benar. Menggunakan cat dekorasi dinding butuh teknik yang tepat agar hasil memuaskan. Berikut ini beberapa teknik atau cara cat dekorasi dinding yang benar:

Cara Cat Dekoratif Dinding

Bagaimana cara cat dekoratif dinding?
Bagaimana cara cat dekoratif dinding?

1. Sapuan Kuas

Teknik color washing atau sapuan kuas dapat membuat hasil cat dekorasi dinding tampak lebih halus. Caranya, pertama, lakukan pengecatan dasar sebagai lapisan awal degan menggunakan warna car kontras. Kedua, lakukan pengecatan kedua sebagai finishing dengan menyapukan kuas secara merata pada dinding.

2. Busa

Teknik cat dekorasi dinding dengan busa bisa diawali dengan melapisi dinding dengan cat dasar kemudian cat dengan menggunakan busa.

Cara cat dekorasi dinding dengan busa yaitu celupkan sebagian sisi busa kedalam cat lalu aplikasikan 1 warna cat pada lapisan cat dasar, cara dengan menepuk-nepukan busa secara lembut pada dinding. Usahakan menggunakan busa dengan pori-pori besar agar hasil lebih maksimal.

Saat mengecat dengan busa, jangan sesekali mencoba untuk menggesek-gesek busa pada dinding agar tekstur unik dari pengaplikasian busa tidak hilang.

3. Sisir

Teknik sisir meruoakan teknik pengecatan yang sangat mudah dan banyak digunakan oleh orang pada umumnya. Hal ini karena cara cat dekorasi dinding bisa dilakukan oleh siapa saja.

Cara menggunakan teknik sisir yaitu mengaplikasikan warna cat pada dinding dengan konsistensi ketebalan cukup, lalu goreskan sisir pada cat yang setengah kering diatas permukaan dinding.

4. Cetakan

Teknik yang ke-empat ini digunakan untuk membuat motif dengan cara mencetak, semisal untuk membuat motif daun, motif bunga dll.

Teknik cetakan dapat menghemat waktu pengerjaan. Cara kerjanya yaitu dengan membuat pola cetakan terlebih dahulu menggunakan busa berpori rapat atau bisa juga menggunakan karet sandal. Kemudian celupkan model cetakan ke warna cat lalu tempelkan pada dinding.

Pastikan dinding telah diberi cat dasar sebelum melakukan pencetakan. Untuk diperhatikan, dalam membuat model cetakan usahakan membuat model yang kecil agar lebih menarik khususnya cetakan yang akan diaplikasikan pada ruangan yang berukuran kecil.

5. Bercak

Cara membuat cat dekoratif dinding dengan teknik bercak bisa dilakukan dengan menggunakan 2 buah sikat. Celupkan sikat ke dalam cat, kemudian gosok kedua sikat tersebut ke arah dinding dengan jarak yang cukup agar tercipta bercak indah pada dinding.

6. Mural

Remas-remas kertas atau plastik menjadi seperti gumpalan lalu gulirkan gumpalan kertas diatas cat dasar, pastikan cat dasar masih dalam keadaan setengah kering agar tekstur kertas dapat terbentuk.

7. Menarik Garis

Cara cat dekoratif dinding menggunakan teknik tarik garis yaitu dengan menciptakan tekstur garis timbul pada permukaan dinding menggunakan kuas kering agar dapat memberikan kesan ruangan lebih tinggi dan lebih lebar.

Setelah memberi cat dasar, lakukan pengecatan dengan cara tarik garis horisontal atau vertikal menggunakan alat kuas lain yang kering ketika cat dasar setengah kering.

Itu tadi Cara Cat Dekoratif Dinding yang dapat anda coba untuk mendekorasi ruangan rumah, apabila anda sudah yakin bisa melakukan pengecatan sendiri, silahkan praktikkan teknik tersebut.

Namun, jika anda ingin menghemat waktu dalam mendekorasi rumah, anda bisa menggunakan Jasa Pengecatan Dekoratif dari intekstdekoratif.com.

Dengan menggunakan Jasa Cat Dekoratif, anda selain bisa menghemat waktu juga bisa belajar dari cara kerja tim saat melakukan pengecatan.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.