Fitur yang Terintegrasi Internet of Things pada Platform Sistem Keamanan

Fitur yang Terintegrasi Internet of Things pada Platform Sistem Keamanan

Kamera pengintai sering digunakan untuk mengawasi gedung, perumahan, maupun lalu lintas, karena itu banyak orang yang mencari rekomendasi CCTV terbaik. Penggunaan CCTV dinilai praktis, namun sebelum memilihnya, Anda perlu memperhatikan fitur dan ciri kamera pengawas terbaik, agar berfungsi maksimal.

Sudah banyak CCTV termurah di pasaran, desainnya juga lebih ringkas dan harganya terjangkau. Salah satu kamera pengintai populer di kalangan masyarakat adalah yang bisa dipantau lewat Android yang sudah terinstall aplikasi pendukung.

Baca Juga: Spesifikasi HP OPPO A92 Dilengkapi Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Belum Pasang CCTV, Inilah Akibat yang Bisa Didapatkan

Fitur yang Terintegrasi Internet of Things pada Platform Sistem Keamanan
Fitur yang Terintegrasi Internet of Things pada Platform Sistem Keamanan

Bukan tidak mungkin akan ada banyak masalah yang muncul tanpa penggunaan kamera pengintai secara tepat. Akibat yang bisa ditimbulkan antara lain sebagai berikut:

  • Kurangnya pengawasan terhadap setiap orang yang berlalu lalang di suatu tempat.
  • Sistem pengamanan yang kurang mumpuni membuat proteksi pada penghuni rumah menurun.
  • Risiko terjadinya kejahatan dan tindak kriminalitas pada tempat umum yang tak menggunakan kamera pengintai.

Agar sistem keamanan semakin mumpuni dan mudah dalam koneksi antar ruangan, solusinya adalah dengan menggunakan kamera pengawas. Agar semakin maksimal, andalkan CCTV yang punya koneksi internet pada smartphone. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih kamera yang keamanannya beresolusi HD.

Baca Juga: Mengulas Kelebihan Samsung Galaxy A70 dengan Triple Kamera

Apa Fitur yang Penting dalam Sistem Keamanan yang Memiliki CCTV?

Fitur yang ada di Closed Circuit Television (CCTV) beraneka ragam, umumnya fitur yang disediakan sebagai berikut.

1. Live Stream

Fitur ini terkenal dengan istilah cctv online, sehingga Anda bisa melihat hasil tangkapan kamera secara real time atau langsung. Hasil tangkapan gambar ini bisa dilihat saat kamera CCTV tersambung dengan personal computer atau smartphone.

2. People Counting

Dengan fitur ini Anda bisa memperkirakan jumlah orang yang berada di area tertentu secara rinci dan real time. Fitur ini bisa dipakai bisnis retail menghitung jumlah pelanggan melalui video, untuk menganalisa perilaku konsumen yang datang.

3. Face Recognition

Anda bisa memperoleh foto permukaan wajah manusia dalam bentuk tiga dimensi melalui fitur face recognition 3D. Software yang bisa ditemukan HikCentral Enterprise ini mampu mengenali bagian-bagian tertentu di wajah manusia, bahkan dalam keadaan gelap.

Bagian tersebut seperti jaringan maupun tulang wajah yang menonjol yaitu hidung, dagu, serta cekungan mata. Fitur ini juga bisa mengenali wajah manusia dalam keadaan gelap maupun dari sudut pandang berbeda sampai 90 derajat.

4. Two Way Audio

Sebagian besar CCTV termurah dilengkapi fitur ini yang menjadikan Anda mampu berkomunikasi dengan orang yang ada di depan kamera. Meskipun Anda tidak berada di dekat kamera pengawas, fitur ini bisa digunakan melalui aplikasi pendukung di ponsel.

5. Motion Detection

Seluruh pergerakan yang terlintas di depan kamera, baik kendaraan, manusia, dan lainnya, akan terekam dengan fitur motion detection. Sistem pendeteksi gerakan mampu menganalisis frame video, bahkan sensitivitas sistem pendeteksi gerakan bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi.

Baca Juga: Tips Aman Bertransaksi Digital, Cukup Sekali Klik

Tips Memilih CCTV untuk Sistem Keamanan

Setelah mengetahui berbagai fitur dari rekomendasi CCTV terbaik, maka pilihlah CCTV yang memiliki berbagai fitur pintar. Anda bisa memilih CCTV yang bisa mendeteksi gerakan, memiliki fitur two way talk, dengan kamera full HD.

Kamera tersebut memiliki motor penggerak 360 derajat pada bagian kamera, dengan ini setiap sudut area bisa terpantau secara optimal. Sementara, fitur pendeteksi gerakan akan mengirimkan notifikasi ke ponsel yang memiliki aplikasi pendukung CCTV, jika ada gerakan mencurigakan tertangkap.

Ada juga CCTV yang memiliki inframerah canggih yang mampu menangkap lebih banyak detail ketika cahaya redup. Beberapa CCTV dilengkapi fitur unik yang mampu mengeluarkan cahaya peringatan serta suara, ketika ada penyusup masuk ke gedung Anda.

Baca Juga: Bersama ASUS ZenBook Flip S UX371 Kerja Lebih Produktif

Teknologi Canggih HikCentral Enterprise dari Hikvision

HikCentral Enterprise adalah suatu platform yang menawarkan pengamanan pada ranah industri. Sistem keamanan ini juga terintegrasi dengan berbagai fitur mutakhir. Tentunya, salah satu perangkat yang digunakan adalah CCTV.

Salah satu jenis CCTV yang mempunyai kualitas sangat unggul yaitu seri HikCentral Enterprise dari Hikvision. Alat ini khusus dirancang untuk memenuhi segala kebutuhan industri pada bisnis Anda. Teknologi yang digunakan juga sudah tergolong sangat canggih, dengan menawarkan kombinasi teknologi Internet of Things (Iot).

Kemampuan teknologi ini dapat mentransmisikan atau mengirimkan seluruh data melalui sebuah jaringan tanpa adanya bantuan komputer dan juga manusia. Cara kerja yang digunakan yaitu dengan menggunakan pengenalan wajah, analisis data besar dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kecanggihan yang diberikan oleh sistem ini dapat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan manajemen dalam segi keamanan. Tentunya di dalam sebuah perusahaan terdapat aset berharga yang perlu untuk dilindungi. Dengan demikian, alat ini dapat membantu Anda untuk melindungi kawasan area tersebut.

Dengan beberapa teknologi yang digunakan, sehingga Anda dapat mengontrol siapa saja yang dapat masuk ke dalam area sensitif pada perusahaan Anda. Terlebih lagi, alat ini juga dapat diintegrasikan dengan menggunakan sistem pihak ketiga yang lainnya.

Bahkan di dalam sistem ini, juga dilengkapi dengan remot audit. Fasilitas tersebut dapat memudahkan Anda untuk mengatasi segala keluhan yang terjadi. Sehingga fasilitas ini dapat memberikan akses yang lebih mudah untuk menggunakan serta mengatasi segala keluhan yang ada terhadap konsumen.

Baca Juga: Bingung Mencari Jasa Arsitek Terbaik? Emporio Architect Saja

Sumber:

  • https://www.indolok.id/blog/Hal-dan-Fitur-yang-Harus-Anda-Perhatikan-Dalam-Memilih-CCTV
  • https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201021152534-185-561099/rekomendasi-cctv-rumah-harga-di-bawah-rp1-juta
  • https://m.liputan6.com/amp/4446683/tips-memilih-cctv-untuk-keamanan-rumah-dan-bisnis
Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.