Jenis-Jenis Kain Katun dan Gambarnya

Types of Cotton Fabrics and Their Pictures

Jenis-Jenis Kain Katun dan Gambarnya

Jenis-Jenis Kain Katun dan Gambarnya – Saat akan cetak kain dengan gambar karakter atau gambar-gambar menarik lainnya perlu di ketahui terlebih dahulu jenis-jenis kain yang akan dijadikan sebagai media cetak agar dapat menentukan cara terbaik saat melakukan proses pencetakan.

Mencetak gambar pada kain biasa atau pun kain katun membutuhkan teknik yang tentunya harus sesuai dengan jenis kain. Oleh karena itu perlu dipahami jenis-jenis kain terlebih dahulu sebelum melakukan pencetakan.

Berikut ini ada beberapa jenis-jenis kain katun dan gambarnya yang mungkin dapat anda gunakan untuk menambah wawasan mengenai jenis-jenis kain katun.

Jenis-jenis Kain Katun dan Gambarnya

Jenis-Jenis Kain Katun dan Gambarnya
Jenis-Jenis Kain Katun dan Gambarnya

1. Kain Katun Biasa

jenis jenis kain katun - katun biasa
Kain katun biasa

Kain katun yang biasa di pasaran ini memiliki berbagai motif menarik seperti bunga, kotak, garis, polkadot, abstrak, dan polosan. Kain katun biasa tidak ada pinggiran kain dan dapat menyerap keringat dengan baik walaupun harganya miring.

2. Kain Katun Rayon

Jenis-Jenis-Kain-Katun-dan-Gambarnya -Kain Katun Rayon
Kain Katun Rayon

Jenis kain katun ini biasa disebut dengan kain katun rayon, kain ini digunakan untuk membuat busana muslim  anak-anak dan busana muslim wanita. Tekstur kain katun rayon adem, ringan dan licin.

Kain katun rayon dapat menyerap keringat dengan baik, namun kain katun rayon butuh di-setrika terlebih dahulu sebelum digunakan.

3. Kain Katun Cina

Kain Katun Cina
Kain Katun Cina

Katun ini dikenal dengan kail katun twill, umumnya dipakai untuk bahan membuat sprei, sarung bantal, dan sarung guling. Karakter dari kain katun cina lebih ke warna-warna pastel kalem.

4. Katun Silk Sutera

Kain Katun Silk Sutera
Kain Katun Silk Sutera

Kain katun jenis ini bertekstur halus, licin dan lembut karena terbuat dari bahan katun dan sutera. Kain silk sutera memiliki kualitas yang bagus karena kain ini selain kuat, mudah dibentuk juga awet.

5. Kain Katun Paris

Kain Katun Paris
Kain Katun Paris

kain katun paris mirip dengan kain katun biasa, namun kain katun paris lebih tipis dan ringan. Umumnya kaain katun paris digunakan untuk bahan membuat baju gamis.

6. Kain Katun Bangkok

Kain Katun Bangkok
Kain Katun Bangkok

Seperti namanya, Kain Katun Bangkok banyak diproduksi di Bangkok, Kain Katun Bangkok memiliki karakter yang kasar dan tipis. Kain katun jenis ini digunakan untuk pembuatan kemeja dan blouse.

7. Katun Satin Jepang

Kain Katun Jepang
Kain Katun SatinJepang

Warna dari kain katun jepang sangat kuat dan bermotif unik serta beragam. Jenis kain katun ini lebih nyaman untuk dipakai keseharian karena bertekstur lembut serta adem.

8. Kain Katun Minyak

Kain Katun Minyak
Kain Katun Minyak

Kain katun minyak berkarakter mengkilap layaknya minyak. Kain katun minyak lebih bersinar jika dibanding dengan kain katun jenis silk sutera. Kain katun minyak memiliki daya serap keringat yang cukup baik, namun sayangnya jenis kain katun ini mudah sekali luntur saat dicuci.

Jenis kain katun ini juga kurang populer di Indonesia. Oleh karena itu jarang sekali ditemukan masyarakat menggunakan kain jenis katun minyak ini.

9. Kain Katun Combed

Kain Katun Combed
Kain Katun Combed

Kain katun sisir atau disebut dengan kain katun combed bertekstur lembut dan halus. Proses pembuatannya seperti menyisir sehingga menghasilkan serat panjang.

Kain katun combed merupakan jenis kain katun yang dapat mudah menyerap keringat sehingga jenis kain sering dipakai untuk bahan pembuatan kaos.

Jenis kain katun ini memiliki beragam tingkat ketebalan kain, mulai dari yang paling tipis 40s, yang sedang 30s dan yang memiliki ukuran paling tebal yaitu 24s.

10. Kain Katun Carded

Kain Katun Carded
Kain Katun Carded

Kain katun carded dibuat dengan proses garuk yang bertujuan untuk menghasilkan guratan serat pendek yang menyatu, jenis kain katun ini bertekstur kasar. Jika dibandingkan dengan tekstur kain katun combed jelas kain katun ini jauh berbeda.

Kain ini memiliki keunggulan dalam menyerap keringat seperti kain katun combed, kain katun carded dapat digunakan untuk bahan pembuatan kaos dalam berbagai warna dan ukuran.

Setelah mengenal jenis-jenis kain katun dan gambarnya, anda bisa Dapatkan Strategi Marketing Fashion Online Gratis dan Dapatkan Harga dan Approval Sample di Inoui Print di inouiprint.com. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Di sana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.