Keutamaan dan Faedah Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui

Keutamaan dan Faedah Puasa Ramadhan

Keutamaan dan Faedah Puasa Ramadhan – Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba, kita sebagai umat muslim harus bergembira akan datangnya bulan penuh berkah ini. Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat muslim yang ada di dunia. Di bulan Ramadhan semua amal baik dan pahala yang dikerjakan oleh setiap umat muslim akan dilipatgandakan.

Di Al Quran juga sudah tertulis bahwa barangsiapa yang melakukan perbuatan wajib di bulan suci Ramadhan, pahalanya sama dengan melakukan 70 perbuatan wajib yang dilakukan pada bulan selain Ramadhan.

Selama bulan Ramadhan, umat muslim akan menjalankan ibadah wajib puasa Ramadhan. Seperti yang terdapat dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 183 yang berarti “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Keutamaan dan Faedah Puasa Ramadhan Yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

Keutamaan dan Faedah Puasa Ramadhan
Keutamaan dan Faedah Puasa Ramadhan

Faedah Puasa Ramadhan

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, tetapi banyak sekali keutamaan dan faedah puasa Ramadhan yang wajib diketahui oleh setiap muslim. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

  1. Mendapat Ampunan Dari Segala Dosa

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, sehingga kesempatan manusia dalam bertobat untuk mendapatkan ampunan dari segala dosa sangat terbuka lebar.

Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim, “Barangsiapa berpuasa dibulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

  1. Mengontrol Hawa Nafsu

Selain menahan lapar dan haus, puasa secara langsung dapat melatih untuk mengontrol hawa nafsu. Kebanyakan hal-hal negatif yang dilarang oleh Allah SWT disukai oleh nafsu atau syahwat manusia.

Hawa nafsu bisa membawa manusia kepada kejahatan dan kesesatan. Untuk itu puasa harus dijadikan momen untuk mengontrol hawa nafsu agar menjadi pribadi yang lebih taat kepada Allah SWT.

  1. Merasakan Penderitaan Orang Yang Kurang Mampu

Di sekitar kita masih banyak orang yang kurang mampu dan merasakan kelaparan dan kehausan setiap harinya. Untuk itu, salah satu faedah puasa Ramadhan adalah kita sebagai manusia bisa merasakan penderitaan orang lain yang kurang mampu agar kita menjadi orang yang lebih bersyukur kedepannya.

  1. Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan yang hadir di salah satu malam di bulan Ramadhan.

Lailatul Qadar terdiri dari 2 kata, yaitu “lail” yang berarti malam dan “qadar” yang berarti beragam. Pada malam tersebut, Allah SWT menurutkan wahyu Al Quran pertama kali kepada Rasulullah SAW melalui malaikat Jibril.

Di malam ini semua pintu keberkahan terbuka selebar-lebarnya seperti yang dinyatakan pada Hadist Riwayat Ahmad yang berbunyi “Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.”

  1. Manfaat Kesehatan

Semua ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT bukan hanya bermanfaat untuk spiritual, namun juga kesehatan. Gerakan sholat saja mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, seperti itu juga dengan puasa. Puasa mempunyai waktu makan dan minum yang teratur sehingga sangat baik untuk meningkatkan kesehatan manusia.

Dengan semua keutamaan puasa Ramadhan tersebut, sayang sekali jika kamu melewatkan kesempatan tersebut, sebagai manusia yang taat akan perintah-Nya kita harus melakukan semua ibadah wajib dan sunnah yang harus dijalankan saat bulan Ramadhan agar mendapatkan syafaat-Nya.

Itu tadi informasi mengenai Keutamaan dan Faedah Puasa Ramadhan, semoga bermanfaat. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.