Niat Mengganti Puasa Ramadhan dan Tata Caranya Lengkap

Niat Mengganti Puasa Ramadhan dan Tata Caranya - Pexels.com

Bacaan Niat Mengganti Puasa Ramadhan dan Tata Caranya Lengkap – Tidak terasa, tinggal beberapa hari lagi kita akan berjumpa dengan bulan suci Ramadhan. Namun, sebelum memasuki bulan Ramadhan kamu harus membayar utang puasa yang belum sempat dikerjakan.

Allah SWT memberikan keringan bagi umatnya yang memang tidak bisa melakukan puasa, seperti sedang haid, dalam perjalanan jauh, atau alasan lainnya. Walaupun diperbolehkan untuk tidak melakukan puasa Ramadhan, namun kamu harus menggantinya di hari lain setelah bulan Ramadhan.

Jumlah puasa yang harus diganti sama dengan jumlah puasa yang kamu tinggalkan di bulan Ramadhan, puasa yang ditujukan untuk membayar utang puasa Ramadhan adalah puasa qadha. Puasa qadha dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Bawarah ayat 184.

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: “(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Orang Yang Diperbolehkan Tidak Melakukan Puasa Ramadhan

Ada 4 golongan yang diperbolehkan untuk tidak melakukan puasa Ramadhan. Berikut ini penjelasannya.

  1. Musafir

Jika seseorang sedang melakukan perjalanan jauh dengan keadaan tidak mampu untuk menjalankan puasa, maka itu diperbolehkan oleh Allah SWT, seperti sabda Rasulullah SAW:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika bersafar melihat orang yang berdesak-desakan. Lalu ada seseorang yang diberi naungan. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “Siapa ini?” Orang-orang pun mengatakan, “Ini adalah orang yang sedang berpuasa.” Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bukanlah suatu yang baik seseorang berpuasa ketika dia bersafar.” (HR. Muslim).

  1. Orang Sakit

Orang yang sedang sakit tidak wajib berpuasa jika tidak mampu, hal ini dijelaskan pada Surat Al Baqarah ayat 185, “Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.”

  1. Lansia

Orang lanjut usia tidak diwajibkan untuk berpuasa, dan jika tidak bisa menggantinya dengan puasa qadha, ia harus memberi makan fakir miskin atau biasa disebut dengan fidyah.

  1. Wanita Menyusui dan Hamil

Seorang wanita menyusui dan hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa dijelaskan pada Hadist Riwayat Ahmad, “Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla menghilangkan pada musafir separuh shalat. Allah pun menghilangkan puasa pada musafir, wanita hamil dan wanita menyusui.”

Niat Mengganti Puasa Ramadhan dan Tata Caranya

Niat Mengganti Puasa Ramadhan dan Tata Caranya - Pexels.com
Niat Mengganti Puasa Ramadhan dan Tata Caranya – Pexels.com

Niat Mengganti Puasa Ramadhan

Berikut adalah niat mengganti puasa Ramadhan yang harus dibaca.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin’an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta’âlâ

Artinya: “Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.”

Tata Cara Mengganti Puasa Ramadhan

Setelah mengetahui niat mengganti puasa Ramadhan, kamu juga harus tahu tata cara mengganti puasa Ramadhan seperti berikut ini.

  1. Dilakukan setelah bulan Ramadhan
  2. Mengganti dengan jumlah hari yang ditinggalkan
  3. Boleh tidak berurutan
  4. Dilakukan sesegera mungkin
  5. Membaca niat puasa qadha

Sekian pembahasan seputar Niat Mengganti Puasa Ramadhan dan Tata Caranya, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Niat Mengganti Puasa Ramadhan dan Tata Caranya, Niat Mengganti Puasa Ramadhan dan Tata Caranya.
Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.