5 Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap

Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap - Pexels.com

Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap – Puasa atau shaum merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan setiap muslim yang telah memenuhi syarat selama bulan Ramadhan. Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan bagi setiap muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan setiap harinya di bulan Ramadhan. Berpuasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja, tapi juga melatih kejujuran, mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjauhkan larangan Allah SWT, dan lainnya.

Perintah Allah SWT kepada umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa tercantum di dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 183, yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Ya ayyuhallazina amanu kutiba ‘alaikumus-siyamu kama kutiba ‘alallazina ming qablikum la’allakum tattaqun

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Ayat ini memiliki tafsiran, bahwa Allah SWT mewajibkan orang-orang yang beriman untuk berpuasa mengendalikan syahwat, mendidik jiwa, dan menyadarkan derajat manusia lebih tinggi dibanding hewan, sebagaimana diwajibkan dari umat-umat terdahulu agar orang Islam bertaqwa dengan melakukan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.

Dalam Kitab al-Ghunyah karya Syekh Abdul Qadir al-Jailani juga tercantum, “jika telah masuk waktu pagi, maka wajib menahan diri sepanjang hari dari makan, minum, jimak, dan memasukkan sesuatu dari lubang badan. Tidak boleh mengeluarkan muntahan dan tidak mengeluarkan mani. Jika melanggar salah satu dari perkara itu, puasa batal, dan tetap wajib menahan (lapar dan haus) hingga matahari terbenam, serta mengqadhanya.”

Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap

Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap - Pexels.com
Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap – Pexels.com

Berikut ini penjelasan Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya.

  1. Penghapus Dosa

Puasa merupakan penghapus dosa yang telah dibuat oleh manusia dari sebelum-sebelumnya, ini tercatat dalam hadist shahih, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang melaksanakan puasa Ramadhan dengan keimanan dan keikhlasan, maka diampuni dosanya yang telah berlalu”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 37 dan Muslim: 1266).

  1. Perisai Dari Api Neraka

Rasulullah SAW bersabda, “… dan puasa adalah tameng. Bila salah seorang dari kalian berada pada hari puasa, janganlah ia berbuat sia-sia dan janganlah ia banyak mendebat. Kalau orang lain mencercanya atau memusuhinya, hendaknya ia berkata, ‘Saya sedang berpuasa.’.” (HR. Bukhari dan Muslim), sedangkan di riwayat lain juga disebutkan, “Puasa merupakan tameng terhadap neraka, seperti tameng salah seorang dari kalian pada peperangan.” (HR. Ahmad).

  1. Pahala Dilipatgandakan

Di bulan suci Ramadhan, semua pahala yang dikerjakan akan dilipatgandakan, seperti yang tercantum dalam Hadist Riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya.”

  1. Bau Mulut Harum Dibanding Aroma Kasturi Di Sisi Allah SWT

Ini dijelaskan pada Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap amalan Anak Adam, kebaikannya dilipat­gandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa. Sesung­guhnya, (amalan) itu adalah (khusus) bagi-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya karena (orang yang ber­puasa) meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku.’ Bagi orang yang berpuasa, ada dua kegembiraan: kegembiraan ketika dia berbuka puasa dan kegembiraan ketika dia berjumpa dengan Rabb-nya. Sesung­guhnya, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau kasturi.”

  1. Mendapat Surga Ar Rayyan

Rasulullah SAW bersabda, “Di surga ada delapan pintu. Salah satu pintunya disebut Ar Rayyan yang tidak dimasuki kecuali oleh orang yang berpuasa. Setelah mereka masuk, maka ditutuplah pintu itu, dan tidak ada yang masuk selain mereka,” (HR Bukhari dan Muslim).

Itu dia Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap, semoga bermanfaat. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap, Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap, Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap, Keutamaan Puasa Ramadhan dan Dalilnya Lengkap
Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.