5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Sayang Jika Dilewatkan

5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan - Pexels.com

5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan – Amalan sunnah seringkali dianggap sebagai pelengkap amalan wajib yang jika sempat dikerjakan dan jika tidak akan ditinggalkan begitu saja. Inii adalah anggapan yang salah, karena pada dasarnya amalan sunnah merupakan kesempatan untuk memperoleh pahala yang sayang sekali jika dilewatkan.

Amalan sunnah memiliki beragam macam keistimewaan, yaitu bisa lebih dekat dengan Rasulullah SAW di surga, menyempurnakan ibadah wajib, menyucikan jiwa pelakunya, menjadi hamba yang dicintai Allah SWT, dan lainnya. Bahkan, Rasulullah SAW selalu mengajak umatnya untuk mengerjakan ibadah sunnah seperti yang diriwayatkan dalam Hadist Riwayat Muttafaq Alaih, ”Siapa membenci sunnahku, bukan golonganku.’’

5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan - Pexels.com
5 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan – Pexels.com

Ada banyak amalan sunnah yang bisa kamu jalankan untuk mendapatkan pahala lebih, amalan berikut ini sayang sekali jika dilewatkan karena hanya ada di bulan Ramadhan saja. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Makan Sahur

Makan sahur merupakan salah satu amalan bulan Ramadhan yang mempunyai banyak manfaat, selain agar tubuh lebih kuat saat puasa, di saat sahur juga ada keberkahan yang bisa didapat. Rasulullah SAW bersabda:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

Artinya, “Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan,” (HR al-Bukhari).

  1. Menyegerakan Buka Puasa

Ketika sudah waktu Maghrib, segeralah untuk berbuka puasa. Selain itu, sunnah yang dilakukan Rasulullah SAW ketika berbkua puasa adalah didahulukan dengan memakan kurma basah atau ruthab dan jika tidak ada bisa digunakan dengan kurma kering atau air putih. Seperti sabda Rasulullah SAW:

إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا، فَلْيُفْطِرْ عَلَى التَّمْرِ، فَإِنْ لَمْ يَجِدِ التَّمْرَ، فَعَلَى الْمَاءِ فَإِنَّ الْمَاءَ طَهُورٌ

Artinya, “Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan.” (HR Abu Dawud).

  1. Membaca Doa Ketika Berbuka

Waktu berbuka puasa merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa karena termasuk doa yang tidak tertolak, seperti sabda Rasulullah SAW:

“Bagi orang yang berpuasa ketika sedang berbuka ada doa yang tak akan ditolak.” (HR Tirmidzy)

Kamu bisa membaca doa yang ma’tsur berikut.

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلَتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اِغْفِرْ لِي اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ

Artinya: “Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, atas rezeki-Mu aku berbuka, hanya kepada-Mu aku bertawakal. Sungguh, rasa haus sudah sirna, urat-urat sudah basah, dan balasan sudah tetap, insya Allah. Wahai Dzat yang maha luas karunia-Nya, ampunilah aku. Segala puji hanya milik Allah Dzat yang telah memberiku petunjuk, hingga aku kuat berpuasa. Lalu Dia memberiku rezeki, hingga aku bisa berbuka.”

  1. Mengkhatamkan Al Quran

Amalan bulan Ramadhan selanjutnya adalah mengkhatamkan Al Quran. Di Indonesia sendiri biasanya tradisi ini dilakukan di masjid ketika selesai sholat tarawih dan witir. Mengkhatamkan Al Quran mempunyai keutamaan, yaitu sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya. Apalagi di bulan Ramadhan, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mendapatkan ampunan dari-Nya.

  1. Memperbanyak I’tikaf Di Masjid

Melakukan i’tikaf di masjid merupakan amalan sunnah bulan Ramadhan yang diutamakan ketika memasuki 10 malam terakhir Ramadhan. I’tikaf merupakan berdiam diri dengan waktu tertentu di dalam masjid dan melakukan ibadah-ibadah wajib dan sunnah lainnya. I’tikaf dilakukan pada 10 malam terakhir, karena pada salah satu malam tersebut ada malam lailatul qadar, yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Itu dia amalan-amalan bulan Ramadhan yang sayang sekali jika disia-siakan, semoga kita semua mendapatkan keberkahan dan dapat berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan selanjutnya.

Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.