10 Hikmah Puasa Ramadhan Beserta Penjelasannya

10 Wisdom of Fasting Ramadan for Muslims and The Explanations

10 Hikmah Puasa Ramadhan Beserta Penjelasannya - Pexels.com

10 Hikmah Puasa Ramadhan – Sebentar lagi kita akan masuk ke dalam bulan Ramadhan 1443 Hijriah. Di bulan penuh berkah ini, kita harus menjalankan ibadah wajib puasa Ramadhan. Bagi setiap muslim yang sudah baligh dan memenuhi syarat puasa, maka wajib berpuasa dan akan mendapatkan dosa jika tidak dijalankan.

Ibadah puasa sudah ada sejak jaman Nabi Adam AS, saat itu Nabi Adam melakukan puasa Ayyamul Bidh, dan diteruskan hingga Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya sampai saat ini. Selain menahan lapar dan haus, ada banyak hikmah puasa Ramadhan yang bisa didapatkan.

10 Hikmah Puasa Ramadhan

10 Hikmah Puasa Ramadhan Beserta Penjelasannya - Pexels.com
10 Hikmah Puasa Ramadhan Beserta Penjelasannya – Pexels.com

Ada banyak hikmah yang bisa didapat dari puasa Ramadhan selain menahan hawa nafsu, lapar, dan haus. Berikut ini penjelasan 10 Hikmah Puasa Ramadhan yang lengkap.

  1. Meningkatkan Ketaqwaan Pada Allah SWT

Puasa mempunyai hikmah untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, karena ini merupakan perintah dari Allah SWT, seperti yang dijelaskan pada Al Quran:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al Baqarah: 183).

Puasa dapat meningkatkan ketaqwaan, karena dengan adanya puasa kita harus menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT agar mendapatkan keberkahan serta ampunan atas dosa-dosa sebelumnya.

  1. Meninggikan Derajat

Sesuai sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dalam Hadist Riwayat Imam Muslim:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانَ فُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِيْنَ

Artinya: “Ketika Ramadhan tiba, dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan setan pun dibelenggu.”

Makna dari hadist tersebut adalah kita sebagai umat muslim harus memanfaatkan momen bulan Ramadhan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menjalankan semua perintahnya, karena pada bulan tersebut pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka ditutup.

  1. Lebih Bersyukur

Di saat menjalankan ibadah puasa, secara tidak langsung kita juga ikut merasakan penderitaan orang yang sulit untuk makan dan minum setiap harinya. Sehingga menjadikan kita lebih bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT setiap harinya.

  1. Baik Untuk Kesehatan

Banyak peneliti yang menyimpulkan jika puasa juga bermanfaat untuk kesehatan manusia. Karena di saat menjalankan ibadah puasa, makan dan minum akan lebih teratur, sehingga tubuh dapat menjalankan sistem pencernaan dengan baik.

  1. Saling Berbagi

Seperti yang dijelaskan di atas, dengan berpuasa kita akan merasakan penderitaan orang yang tidak mampu, sehingga akan meningkatkan rasa simpati dan empati kita untuk saling berbagi. Selain itu berbagi untuk orang yang berpuasa akan diberikan pahala yang sama dengan orang yang sedang berpuasa.

  1. Mempererat Silaturahmi

Saat bulan Ramadhan tiba, akan terasa sekali momen-momen kebersamaannya, seperti melakukan sholat bersama di masjid, berbagi takjil dan menu sahur, mendengarkan ceramah, dan masih banyak lainnya. Momen-momen tersebut memberikan hikmah menjalin silaturahmi kepada semua orang.

  1. Melatih Diri Lebih Disiplin

Agar tubuh kuat dalam menjalankan ibadah puasa, kita harus disiplin untuk membagi waktu antara istirahat, makan dan minum, bekerja, dan beribadah. Dengan pola makan yang lebih teratur dan istirahat yang cukup pastinya membuat tubuh lebih kuat saat menjalannkan ibadah puasa. Dengan kebiasaan seperti itu, pastinya ini memberikan manfaat untuk kedepannya agar diri lebih disiplin.

  1. Memperbaiki Diri

Ketika menjalankan ibadah puasa, kita harus melakukan kontrol diri untuk menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT. Jangan sampai kita hanya mendapatkan rasa lapar dan haus saja saat puasa. Dengan mengontrol diri pastinya akan memberikan hikmah untuk terus memperbaiki diri kedepannya.

  1. Melatih Hidup Sederhana

Hikmah puasa Ramadhan selanjutnya adalah dapat melatih hidup lebih sederhana. Ketika menjalankan ibadah puasa kita hanya makan saat sahur dan malam hari saja, sehingga kita bisa melatih diri agar hidup lebih sederhana.

  1. Mementingkan Akhirat Dibanding Dunia

Bagi setiap orang yang menjalankan ibadah puasa dengan benar pastinya ia sudah mampu untuk mengendalikan diri agar lebih mementingkan akhirat dibanding segala urusannya dunia. Dengan meningkatnya kualitas ibadah di saat puasa Ramadhan juga membuatnya lebih dekat dan terus ingat kepada Allah SWT.

Sekian pembahasan lengkap mengenai 10 Hikmah Puasa Ramadhan, semoga kita mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

10 Hikmah Puasa Ramadhan Beserta Penjelasannya, 10 Hikmah Puasa Ramadhan Beserta Penjelasannya
Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.