Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola yang Dimodifikasi

Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola yang Dimodifikasi

Sering menemukan pertanyaan seperti ini  “Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola Yang Dimodifikasi”. Baiklah, pada artikel ini akan mengulas tentang jawaban dari pertanyaan tersebut.

Peraturan dalam permain sepak bola dinilai terlalu kompleks, sehingga sulit untuk diterapkan di tempat-tempat yang kurang memadai. Contohnya adalah jika anak-anak ingin bermain sepak bola di tempat yang kecil, ditambah dengan kurangnya fasilitas tim maupun pertandingan.

Untuk itu disini kami akan menjelaskan cara bermain sepak bola yang dimodifikasi agar lebih mudah dimainkan oleh siapa saja dan dimana saja.

Cara Bermain Sepak Bola Yang Dimodifikasi

Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola yang Dimodifikasi
Jelaskan Cara Bermain Sepak Bola yang Dimodifikasi

Adanya modifikasi dalam peraturan sepak bola, tentu saja berpengaruh terhadap potensi pemain-pemain muda yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka bisa dengan bebas membuat peraturan yang pastinya juga harus disetujui oleh kedua belah tim yang bertanding. Berikut ini adalah modifikasi-modifikasi pada permainan sepak bola yang sering dilakukan.

  1. Jumlah Pemain Dalam Satu Tim

Jika seharusnya dalam 1 tim sepak bola terdapat 11 pemain, maka jika pemainnya kurang kamu tetap bisa bermain sepak bola dengan 6 pemain saja. Jadi, ada 12 orang yang bermain dalam satu pertandingan sepak bola. Untuk pemain cadangan, ini tergantung dari pemain yang ada, karena pada dasarnya tanpa adanya pemain pun tidak mengapa, asal para pemain kuat bermain selama full pertandingan.

  1. Pemain Merangkap Posisi

Dalam sebuah pertandingan sepak bola, terdapat beberapa formasi yang sering dimainkan, seperti 4-4-2 atau 4-3-3. Namun, bagaimana jika sepak bola yang telah dimodifikasi? Karena jumlah pemainnya minim, maka hampir semua pemain bisa merangkap posisi, penyerang bisa membantu pertahanan, sebaliknya pemain bertahan bisa membantu penyerangan.

  1. Waktu Permainan

Waktu permainan sepak bola yang telah dimodifikasi, pastinya berbeda dengan sepak bola yang mengikuti aturan FIFA. Karena, jumlah pemain yang sedikit akan lebih cepat lelah jika bermain tetap 45 menit x 2 babak. Untuk itu, di dalam permainan sepak bola yang telah dimodifikasi waktu permainannya hanya 5 sampai 10 menit saja.

  1. Lapangan

Jika kamu ingin bermain sepak bola, namun tidak terdapat lapangan yang luas, maka kamu bisa menggunakan lapangan dari cabang olahraga lain seperti voli atau basket. Hal yang harus diperhatikan adalah lapangan yang digunakan harus mempunyai garis tengah untuk mengetahui daerah sendiri dan daerah lawan.

Berbicara mengenai lapangan, memang sebaiknya menggunakan lapangan sesuai standar. Untuk memiliki lapangan yang minimal sesuai standar bisa mencari informasi di Jasapembuatanlapangan.id. Kamu akan menemukan berbagai informasi seperti Biaya Pembuatan Lapangan Futsal, dll.

  1. Wasit

Walaupun kamu memainkan sepak bola yang telah dimodifikasi, namun tetap harus ada wasit yang mengatur jalannya pertandingan. Ini berguna agar tidak ada kesalahpahaman antar tim ketika ada keputusan-keputusan yang sulit, sehingga pertandingan fair play tetap bisa dijalankan.

  1. Penalti

Penalti yang dilakukan pada permainan sepak bola resmi mempunyai jarak 12 meter dari gawang, tentunya itu sangat jauh sekali jika lapangan yang dimainkan tidak luas. Untuk itu di peraturan sepak bola yang telah dimodifikasi, penalti dilakukan dengan jarak 3 meter dari garis gawang.

  1. Ukuran Gawang

Ukuran gawang dalam sepak bola mempunyai panjang 7,32 meter dan tinggi 2,44 meter. Namun, dalam permainan sepak bola kecil yang sudah dimodifikasi, kamu bisa membuat gawang dengan panjang 1 meter. Dalam membuat gawang kamu juga bisa memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar, seperti batu, sendal, dan lainnya. Yang terpenting bisa menentukan batas-batas gawang.

Itu dia teknik dan cara bermain sepak bola yang telah dimodifikasi, untuk teknik-teknik yang dimainkan sama saja. Kamu bisa menggunakan teknik dribbling, passing, shooting, heading, tackling, dan teknik lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terima kasih.

Jangan lupa berkunjung ke artikel lainnya di Google News. Disana terdapat beragam informasi menarik dari MDM Network.

Baca Juga:

Loading...
Leave A Reply

Your email address will not be published.